Warga Sulawesi Tak Perlu Panik, Ada Tambahan 3 Juta Tabung LPG 3 Kg

Senin, 10 Mei 2021 - 15:26 WIB
loading...
Warga Sulawesi Tak Perlu Panik, Ada Tambahan 3 Juta Tabung LPG 3 Kg
Pertamina Regional Sulawesi menyiapkan tambahan fakultatif LPG 3 Kg sebanyak 3 juta tabung untuk seluruh provinsi di Sulawesi, guna mengantisipasi kenaikan konsumsi LPG jelang lebaran. Foto: Okezone/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Pertamina Regional Sulawesi telah menyiapkan tambahan fakultatif LPG 3 Kg dengan total 25% lebih banyak dibandingkan konsumsi normal pada Bulan Mei 2021 atau sebanyak lebih dari 3 juta tabung untuk seluruh provinsi di Sulawesi, guna mengantisipasi kenaikan konsumsi LPG jelang lebaran.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, penambahan alokasi tersebut dilakukan untuk antisipasi kenaikan konsumsi LPG akibat pembatasan yang diperketat yang menyebabkan aktivitas di rumah cenderung meningkat.



“Selain itu, hal ini dilakukan untuk menekan angka inflasi daerah dan harga diluar kewajaran dengan cara operasi pasar sesuai permintaan dari masing-masing kota/kabupaten," kata Laode, Senin (10/5/2021).

Adapun rincian penambahan alokasi LPG 3 Kg selama Bulan Mei dalam mengantisipasi tingginya konsumsi pada masa libur Idul Fitri diantaranya penambahan di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 1.720.440 tabung, Sulawesi Tengah sebanyak 353.360 tabung, Sulawesi Utara sebanyak 342.560 tabung, Sulawesi Tenggara sebanyak 221.520 tabung, Gorontalo sebanyak 219.800 tabung dan Sulawesi Barat sebanyak 176.440 tabung.

Lebih lanjut Laode mengatakan selain menambahkan pasokan LPG 3 Kg lebih banyak dari alokasi reguler, Pertamina menjamin pasokan LPG dengan menyiagakan lebih dari 3.700 layanan penjualan resmi LPG Pertamina seperti Agen dan Pangkalan yang tetap beroperasi untuk mengantisipasi tingginya permintaan kebutuhan masyarakat selama libur Idul Fitri yang disiagakan selama periode SATGAS Ramadan dan Idul Fitri sejak 26 April – 30 Mei 2021.



“Dioperasikannya Agen dan Pangkalan Siaga selama SATGAS Ramadan dan Idul Fitri ini merupakan bentuk nyata Pertamina sebagai BUMN dalam menjalankan amanat UU Energi No. 30 tahun 2007 dimana Pertamina salah satunya harus mampu memberikan availability atas ketersediaan energi untuk masyarakat," ujar Laode

Laode pun menambahkan khusus untuk distribusi LPG, Pertamina telah menyiagakan juga 42 SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji) dan menyiagakan 16 titik SPPBE Kantong yang tersebar di wilayah Sulawesi.

Dia menandaskan, demi menyambut hari Kemenangan Idul Fitri 1442 H, Pertamina memberikan promo khusus untuk LPG Non-Subsidi jenis Bright Gas yang dapat dengan mudah dipesan melalui layanan Pertamina Call Center 135.



Apabila masyarakat mengalami kesulitan atau membutuhkan informasi terkait ketersediaan LPG dan BBM, masyarakat dapat menghubungi layanan pelanggan 24 jam melalui Pertamina Call Center 135.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar membeli LPG melalui pangkalan resmi Pertamina atau di SPBU. Kami juga mengharapkan agar Disperindag dan Kepolisian turut aktif menindak pengecer yang menjual harga di atas HET, karena itu bukan ranah kami,” tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)