BPS Lansir 12 Wisman Masuk Riau, Kemenhumham Sebut Mereka Pekerja

Jum'at, 07 Mei 2021 - 10:14 WIB
loading...
BPS Lansir 12 Wisman Masuk Riau, Kemenhumham Sebut Mereka Pekerja
Badan Pusat Statistik (BPS) Riau merilis ada 12 wisatawan manca negara termasuk dari India masuk ke Riau sejak Maret. (Ist)
A A A
PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau merilis ada 12 wisatawan manca negara termasuk dari India masuk ke Riau sejak Maret. Namun Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Riau menbantah kalau mereka adalah wisatawan.

Hal itu setelah Kanwil Kemenhumham mendatangi ke pihak BPS Riau mengenai rilis wisatawan asing masuk ke Riau. Kanwilkumham meminta klarifikasi dan memastikan bahwa mereka bukan turis.

"Mereka itu sebagian pekerja dan sebagian lagi adalah kru kapal ," kata Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau, Pujo Harinto, Jumat (7/5/2021) di Pekanbaru.

Dia mengatakan sebagian WNI (warga Negara Asing) ada yang bekerja di perusahaan di Riau. Mereka mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru beberapa waktu lalu. "Mereka naik pesawat carter untuk bekerja di Riau. Jumlahnya delapan orang. Sementara empat orang di Dumai sebagai kru kapal," tukasnya.

Kadiv Kerimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Riau, Tito mengatakan ada salah persepsi terkait masuknya orang asing di Riau dengan BPS.

"Mereka itu (BPS) mengita kalau orang asing itu wisatawan. Saya sudah temui Kepala BPS Riau dan mengklarifikasinya. Mereka menyatakan bahwa dapat data dari dinas pariwisata," imbuhnya.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin sebelumnya mengatakan ada 12 wisatawan masuk ke Riau melalui empat pintu masuk. Mereka mulai masuk Riau sejak bulan Maret. Mereka terdiri dari dua WN Malaysia, dua WN Singapura, satu WN China, satu WN India, tiga WN Filipina dan sisanya masih didata dari negara mana.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)