Suka Duka Petugas di Pos Cek Poin Sampora Kuningan Menghalau Pemudik

Kamis, 06 Mei 2021 - 08:40 WIB
loading...
Suka Duka Petugas di Pos Cek Poin Sampora Kuningan Menghalau Pemudik
Petugas siaga di pos-pos penyekatan kendaraan pemudik di wilayah Kuningan, Jawa Barat.
A A A
KUNINGAN - Sejak diberlakukannya larangan mudik Lebaran 1441 Hijriah oleh pemerintah demi menekan penyebaran virus corona atau COVID-19, sejumlah pos penjagaan mulai didirikan di sejumlah daerah, salah satunya Kabupaten Kuningan.

Pembelakuan pos penjagaan ini untuk menghalau masyarakat yang tetap ngotot berlebaran di kampung halaman. Pos penjagaan ini didirikan untuk memeriksa identitas kota asal dan tujuan serta kesehatan mereka.

Namun, tidak mudah bagi petugas dalam menjaga pos mereka masing-masing. Seperti halnya Perwira Pengendali (Padal) Pos Cek Poin Tugu Ikan Sampora, Kabupaten Kuningan Iptu Farikin.

Baca juga: Apes! Terjaring Penyekatan di Jalur Kota Cirebon, Ratusan Pemudik Ini Gagal Pulang Kampung

Dirinya kerap tak tega ketika mendapati pemudik yang diputarkan balik karena tidak membawa surat-surat sebagai syarat boleh mudik. Satu sisi, dirinya harus mengemban tugas yang diintruksikan pimpinan.

"Suka duka petugas menjaga pos cek poin, gak tega karena mereka juga ingin bertemu keluarga, namu kita juga dihadapkan dengan tugas," kata Iptu Farikin ketika berbincang dengan MNC Portal di Pos Cek Poin Tugu Ikan Sampora, Kabupaten Kuningan, Kamis (6/5/2021) dini hari.

Meski begitu, Farikin berharap masyarakat memahami dengan kondisi pandemi saat ini. Pelarangan mudik yang diberlakukan pemerintah demi tujuan bersama yakni menekan angka penyebaran COVID-19.

Baca juga: Demi Lebaran di Kampung, Pemudik Rela Naik Ojek Hindari Penyekatan di Kuningan

"Ini kan untuk keselamatan bersama, karena kita tahu COVID-19 masih mengintai, sehingga perlu kerja sama baik petugas dan masyarakat itu sendiri," beber dia.

Untuk itu, Iptu Farikin berharap masyarakat yang tetap ingin melaksanakan mudik tetap mengendapkan protokol kesehatan, seperti melengkapi berkas-berkas sesuai dengan surat edaran satgas Covid-19. "Kalau pun ada yang tetap mudik, patuhi protokol kesehatan, kelengkapan surat-surat bebas Covid-19," ungkapnya.

Tak hanya dihadapkan masalah di atas, Kasatlantas Polsek Cilimus, Kabupaten Kuningan ini pun selama menjaga pos cek poin, juga jarang sahur bersama dengan keluarga. "Jadi selama jaga, ya cukup jarang juga sahur dengan keluarga, kan kita tugas yah," ungkap dia.

Pengamatan MNC Portal di lokasi, terlihat para petugas yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub dan BPBD tengah menyantap sahur sambil tetap berjaga di pos cek poin Tugu Ikan Sampora. Merek terlihat berbekal nasi kotak dengan lauk pauk seadanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)