Realisasi Investasi Jawa Timur Triwulan I 2021 Kalah dari Jawa Barat

Rabu, 28 April 2021 - 20:09 WIB
loading...
A A A
Selain itu, kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) juga menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Manufaktur dan Teknologi Tinggi yang diharapkan bisa menarik investor asing dengan perusahaan berteknologi tinggi.

“Rencananya di JIIPE akan ada investor dari Taiwan. Ini akan menggenjot investasi Jatim, bahkan di daerah-daerah juga tertarik untuk membuat kawasan industri seperti di Nganjuk dan Ngawi,” ujarnya.

Dari total target investasi, kata dia, kontributor terbesar masih dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yakni 70% dan 30 persen merupakan PMA. Untuk PMA sendiri paling banyak dilakukan oleh Singapura. Bahkan, investasi Singapura mendominasi 80% dari total PMA.

"Kenapa investasi dari Singapura ke Jatim besar, bisa saja mereka asal negara lain dengan basis perusahaan di Singapura,” tandasnya.

Dia menambahkan, daerah terbesar untuk investasi PMA yakni Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto. Dia pun memastikan, proses perizinan investasi di Jatim akan lebih dipermudah guna menarik investor. “Investasi di Jatim sangat menarik karena semua infrastruktur penunjang ada semua. Mulai jalan tol hingga pelabuhan yang besar," imbuhnya.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)