Ketua Lesbumi PBNU KH Agus Sunyoto Wafat di Surabaya

Selasa, 27 April 2021 - 11:41 WIB
loading...
Ketua Lesbumi PBNU KH Agus Sunyoto Wafat di Surabaya
Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PBNU KH Agus Sunyoto (kiri) wafat di RSAL dr Ramelan, Surayaba, Jatim, Selasa (27/4/2021). Foto/PBNU
A A A
SURABAYA - Keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) berduka. Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Agus Sunyoto wafat , Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Ketum PBNU Perintahkan Salat Gaib untuk Arwah 53 Awak KRI Nanggala 402

Kabar duka wafatnya pengasuh Pondok Pesantren Global Tarbiyatul Arifin, Malang ini diperoleh dari akun resmi media sosial PBNU. Selain menyampaikan berita duka, akun PBNU juga sekaligus mengajak masyarakat untuk mendoakan almarhum.

Baca juga: Menuju 1 Abad Nahdlatul Ulama, Perkuat Harmoni Islam-Nasionalisme

“Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, kabar duka datang dari Jawa Timur. Sejarawan yang juga Ketua Lesbumi PBNU KH Agus Sunyoto meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Laut dr Ramelan Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/4),” kata PBNU.

Tokoh NU KH Mustofa Bisri atau Gus Mus menyampaikan rasa belasungkawa atas kepergian sahabatnya tersebut. Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin ini mengunggah foto kenangan bersama Kiai Agus Sunyoto dan budayawan Sujiwo Tedjo.

“Sejarawan penulis buku "Atlas Wali Songo" yang tekun memberi pencerahan melalui tulisan maupun ceramah - termasuk dalam meluruskan sejarah - itu adalah seorang alim yang tawaduk dan ikhlas. Aku yakin beliau husnul khatimah. InsyaAllah. AskanahuLlahu fasiiha jannatiH. Al-Fatihah,” ucapnya.

Dikutip dari laman resmi NU, Agus Sunyoto lahir di Surabaya, 21 Agustus 1959. Dia termasuk budayawan yang produktif menulis. Salah satu karya fenomenalnya yaitu buku Atlas Wali Songo yang mengisahkan penyebaran agama Islam di Nusantara.

Dia meyakinkan publik bahwa Wali Songo merupakan fakta sejarah, bukan sekadar dongeng. Karya-karya lainnya yang bisa dibaca khalayak antara lain Resolusi Jihad, Banser Berjihad Melawan PKI, Sunan Ampel: Taktik dan Strategi Dakwah Islam di Jawa, dan Suluk Abdul Jalil: Perjalanan Ruhani Syeh Siti Jenar.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)