19 Persen Lansia di Tangerang Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Senin, 19 April 2021 - 14:42 WIB
loading...
19 Persen Lansia di Tangerang Sudah Disuntik Vaksin Covid-19
Wali Kota Tangerang Arif Rachadiono Wismansyah saat meninjau vaksinasi lansia di Tangerang. Foto: MPI/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Sebanyak 23.023 warga Kota Tangerang yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia) sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap. Jumlah tersebut diakui oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang setara dengan 19,68 persen dari jumlah keseluruhan masyarakat lansia di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, proses pemberian vaksin untuk lansia memang berjalan lebih lambat dari kategori lain seperti pada pelayan publik. Hal ini dikarenakan kategori lansia memiliki masa tenggang lebih lama.

"Kenapa lama? Karena memang data ini didominasi kalangan lansia, yang memiliki masa tenggang dosis satu ke dosis dua itu lebih lama yaitu 28 hari," paparnya kepada wartawan, Senin (19/4/2021).

Adapun jumlah target lansia yang menerima vaksin Covid-19 adalah sebanyak 117.010 orang. Sementara proses pemberian vaksin terus berjalan selama bulan Ramadan ini. Pemkot Tangerang juga menargetkan pemberian vaksin untuk kategori prioritas seperti tenaga kesehatan, pelayanan publik, dan lansia akan selesai pada akhir Ramadan atau sekita bulan Mei mendatang.

"Berdasarkan data, masih ada orang yang baru menerima vaksin pertama atau belum tervaksinasi lengkap. Targetnya, semua akan diselesaikan diakhir bulan puasa," lanjut Liza.

Vaksinasi di Kota Tangerang sendiri mulai berjalan sejak bulan Januari lalu dengan sasaran tenaga kesehatan, kemudian dilanjutkan untuk pelayan publik dan selanjutnya untuk masyarakat kategori lansia. Dinas Kesehatan mencatat 70.949 orang dalam kategori prioritas, sudah mendapat dua dosis vaksin Covid-19, dari target 222.765 orang kategori prioritas.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)