BI Jawa Barat Siapkan Uang Tunai Rp17,45 Triliun Hadapi Lebaran

Senin, 19 April 2021 - 12:05 WIB
loading...
BI Jawa Barat Siapkan Uang Tunai Rp17,45 Triliun Hadapi Lebaran
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat menyiapkan uang tunai sebesar Rp17,45 triliun pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat menyiapkan uang tunai sebesar Rp17,45 triliun pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Kendati lebih kecil dan tahun kemarin, Bank Indonesia meyakini banyak masyarakat beralih menggunakan uang non-tunai.

Baca juga: BI Targetkan Penukaran Uang Rupiah 75 Tahun RI Capai 30 Ribu Lembar Per Hari

Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Herawanto mengatakan, kebutuhan uang selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 diperkirakan mencapai Rp17,45 triliun. Uang tersebut untuk semua daerah di Jawa Barat di luar Bogor, Depok dan Bekasi. Rinciannya Ciayumajakuning sekitar Rp3,19 triliun, Priangan Timur Rp2,05 triliun, dan sisanya Rp12 juta untuk Bandung raya dan lainnya.

Baca juga: Mobil Anak Bupati Brebes Nyaris Dirampas, Pelaku Ditembak Polisi

"Jumlah kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri tersebut naik empat kali lipat dari rata-rata kebutuhan uang per bulan dalam kondisi normal," kata Herawanto di pelataran Kantor BI Jabar, Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (19/4/2021).

Kendati begitu, kata dia, secara nilai angka tersebut mengalami penurunan sebesar 19,44% (yoy) dibandingkan kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri periode tahun 2019 lalu yang tercatat sebesar mencapai Rp21,66 triliun. Dia memperkirakan, penurunan kebutuhan uang tunai akibat banyaknya warga yang sudah beralih menggunakan uang digital.

Herawanto menjelaskan, kesiapan uang tersebut juga mengantisipasi adanya permintaan masyarakat melakukan penukaran pecahan yang kertas. Di mana, layanan penukaran uang melalui loket bank sudah dapat dilakukan mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021.

"Tahun ini, layanan penukaran uang kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank. Sementara layanan kas keliling ditiadakan, ini sejalan dengan upaya terus menekan penyebaran Covid-19," katanya.

Akan tetapi, BI di wilayah Jawa Barat bekerjasama dengan perbankan (Bank Umum dan BPR) telah menetapkan 559 titik layanan penukaran selama Ramadan Tahun 2021. Sementara penukaran uang Rp75.000 masih berlangsung di BI Jabar. "Kami berharap ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat mencari uang baru pecahan yang kertas," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)