Ibu Kapolres! RSUD Sidimpuan Diduga Buang Limbah Sembarangan

Selasa, 13 April 2021 - 15:07 WIB
loading...
Ibu Kapolres! RSUD Sidimpuan Diduga Buang Limbah Sembarangan
Limbah yang diduga dibuang sembarangan oleh RSUD Padangsidimpuan. Foto/SINDOnews/Zia Nasution
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Ratusan limbah medis dalam berbagai jenis, di antaranya botol obat-obatan diduga dibuang sembarangan tempat oleh RSUD Padangsidimpuan , Sumatera Utara. Bahkan, botol infus juga ditemukan di tong sampah umum.

Baca juga: Limbah Medis Meningkat Akibat Pandemi, RSB Sartika Asih Operasikan Fasilitas Limbah Medis B3

Parahnya, limbah tersebut ada yang dibuang di tempat sampah tak jauh dari rumah sakit. Sedangkan limbah lainnya dibuang dekat ruangan ahli bedah atau yang biasa disebut kamar operasi.

Baca juga: Pengelolaan Limbah Medis COVID-19 Harus Jadi Perhatian

Ironisnya, mesin Intalasi Pengolaaan Air Limba (IPAL) sudah lama tidak berfungsi. Padahal, menurut keterangan sejumlah rumah sakit di Padangsidimpuan, IPAL mereka diolah di rumah sakit kebanggaran masyarakat Sidimpuan itu.

"Mesin Ipalnya sudah rusak," ujar salah seorang pegawai RSUD Padangsidimpuan yang tidak mau disebutkan namanya kepada wartawan.

Anggota Komisi III DPRD Padangsidimpuan, Irfan Harahap menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh rumah sakit. Menurutnya, aksi yang dilakukan oleh rumah sakit tersebut sudah melanggar Undang-Undang (UU) nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Politikus Demokrat itu menjelaskan, di UU 32 itu dijelaskan mengenai larangan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang meliputi larangan melakukan pencemaran, memasukkan benda berbahaya dan beracun, memasukkan limbah ke media lingkungan hidup.

"Saya yakin, ibu Kapolres AKBP Juliani Prihartini beserta jajaran Satreskrim Polres Padangsidimpuan, mampu menindak tegas oknum yang diduga membuang limbah sembarangan tempat. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)