Tiga Ekor Harimau Berkeliaran di Agam, Dua Ekor Kambing Mati Dimangsa

Senin, 12 April 2021 - 02:12 WIB
loading...
Tiga Ekor Harimau Berkeliaran di Agam, Dua Ekor Kambing Mati Dimangsa
Harimau Sumatera meresahkan warga karena diduga memangsa dua ekor kambing di Agam.
A A A
AGAM - Warga nagari Koto Rantang, di Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat resah dengan kemunculan harimau sumatera yang diduga telah memangsa ternak kambing milik warga.

Eka Muaro (35) warga setempat Minggu malam (11/4) menyebutkan, dua ekor kambing milik Rasik (60) mati saat di gembala di dekat kebunnya di kawasan perladangan bukik Koto Tabang.

"Sudah 2 ekor kambing milik mak Rasik yang dimangsa Harimau. Yang terakhir 2 hari lalu. Saat itu pemilik kambing ada di kebun yang tak jauh dari posisi kambingnya dilepas," kata Eka.

Baca Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam di Kota Serang Merangkak Naik juga:

Eka menambahkan, sebelumnya sekitar 20 hari lalu, seekor kambing milik Rasik juga mati di perladangan sekitar hutan Suapi Koto Tabang.

Warga khususnya peladang saat ini waspada dengan kemunculan kembali harimau Sumatera. Diperkirakan, harimau yang berkeliaran berjumlah tiga ekor yang terdiri dari satu induk dan dua anak.

"Sekitar 2 minggu yang lalu ada warga yang melihat 3 ekor harimau, satu besar dua ekor lagi menengah, berjalan beriringan di kebun warga siang hari," sebut Eka.

Baca juga: Aktivis HAM Papua Kecam Pembunuhan Guru, Harus Segera Ada Tim Investigasi

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bukittinggi, Vera Ciko mengaku telah mendapat informasi tentang kemunculan diduga harimau Sumatera di Palupuah. "Ya, sudah dapat informasi. Mudah-mudahan besok bisa dicek ke lokasi," kata Vera Ciko, Minggu (11/4/2021).

Petugas meminta warga terutama peladang agar waspada saat beraktifitas di sekitar hutan Suapi, Kecamatan Palupuah. Peladang diminta untuk tidak terlalu sore keluar dari ladang.

Sebelumnya, pada Sabtu 14 April 2018 lalu, di lokasi yang sama, BKSDA Resort Bukittinggi berhasil menangkap satu dari tiga ekor harimau yang meresahkan warga Palupuah.

Harimau yang tertangkap jenis harimau Sumatera betina berusia kurang dari dua tahun. Anak harimau itu tertarik masuk perangkap setelah diumpan seekor kambing.

Harimau yang diberi nama Sopi Rantang oleh warga setempat tersebut dievakuasi dan mendapat perawatan di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD), lalu dilepasliarkan pada 1 Juli 2018 di Kawasan Suaka Margasatwa Alam Rimbang Baliang, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1143 seconds (0.1#10.140)