Jelang Awal Ramadan, Pemkab Bone Bolango Gelar Prosesi Adat Tonggeyamo

loading...
Jelang Awal Ramadan, Pemkab Bone Bolango Gelar Prosesi Adat Tonggeyamo
Jelang awal Bulan Suci Ramadan, pemerintah kabupaten maupun kota di Gorontalo akan menggelar posesi adat Tonggeyamo.
SUWAWA - Jelang awal Bulan Suci Ramadan, pemerintah kabupaten maupun kota di Gorontalo akan menggelar posesi adat Tonggeyamo. Koordinator Adat Kabupaten Bone Bolango Abdul Razak Maksum mengatakan prosesi adat Tonggeyamo dilakukan seiring dengan pengumuman resmi dari Pemerintah Pusat terkait awal Bulan Suci Ramadan.

“Tonggeyamo adalah suatu istilah yang digunakan untuk menghitung awal masuknya bulan Ramadan,” kata Abdul Razak Maksum, Rabu (7/4/2021).

Abdul Razak Maksum menuturkan, adat Tonggeyamo sudah ada sejak dahulu kala saat provinsi masih berbentuk kerajaan. Ia menjelaskan prosesi adat Tonggeyamo selain menunggu keputusan pemerintah, para pemangku adat juga membahas kegiatan yang akan dilaksanakan selama Ramadan.

“Prosesi melalui tiga jalur yang disebut Buwatulo Towulongo, yaitu jalur pemerintah, adat, dan syara,” ujarnya.



Ia mengungkapkan prosesi adat Tonggeyamo ini dilaksanakan di tingkat kabupaten dua hari sebelum memasuki Ramadan dan tingkat kecamatan sehari sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

“Tempat pelaksanaannya untuk tingkat kabupaten di Rumah Dinas Bupati dan tingkat kecamatan di Rumah Dinas Camat,” tutur Abdul Razak Maksum. CM
(ars)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top