Banjir Bandang Terjang NTT, Jenderal Listyo Kerahkan Kapal Barata Angkut Bantuan

Kamis, 08 April 2021 - 09:01 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang NTT, Jenderal Listyo Kerahkan Kapal Barata Angkut Bantuan
Kapal Barata-8004 milik Mabes Polri mengangkut logistik bantuan Mabes Polri ke Adonara, Flores Timur, NTT. Foto/iNews TV/Joni Nura
A A A
FLORES TIMUR - Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengerahkan Kapal Barata-8004 untuk mengangkut bantuan kebutuhan pokok , dan dapur lapangan guna membantu warga korban bencana alam di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata, NTT.



Sejak Kamis(8/4/2021), bantuan kebutuhan pokok sudah didistribusikan melalui jalur udara dan jalur laut. Bantuan Kapolri ini diangkut menggunakan Kapal Barata-8004 milik Baharkam Polri, serta dua pesawat khusus.



Kapolri mengirimkan bantuan enam ton beras . Sementara Ketua Bhayangkari Polri menyalurkan bantuan snack, roti, makanan basah, dan vitamin. Baharkam Mabes Polri mendistribusikan bantuan 1,8 ton kebutuhan pokok dan obat-obatan serta vitamin. Kakorbrimob Polri memberikan bantuan berupa enam truk sembako. Ada pula makanan siap saji.



"Sebagian bantuan, terutama beras bantuan Kapolri dan roti bantuan Ketua Bhayangkari Polri sudah tiba di Larantuka, dengan pesawat dan Kapal Polair Baharkam Mabes Polri, serta mulai didistribusi ke Pulau Adonara dan Lembata," ujar Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto di Larantuka, didampingi Kombes Pol. Yustanto M dari Korbrimob Polri, Kamis (8/4/2021)

Selain bantuan kebutuhan pokok dan obat-obatan serta vitamin, Korbrimob Mabes Polri juga menerjunkan lima unit mobil dapur lapangan dilengkapi perlengkapan masak, dan bahan makanan yang siap diolah serta didistribusikan kepada warga pengungsi korban bencana alam di dua kabupaten ini.

Banjir Bandang Terjang NTT, Jenderal Listyo Kerahkan Kapal Barata Angkut Bantuan


Mabes Polri juga menurunkan enam truk bahan makanan yang disiapkan bagi kebutuhan dapur umum. "Anggota Brimob Mabes Polri akan mengolah bahan makanan di lima mobil dapur lapangan, dan langsung didistribusikan ke warga berdampak bencana alam," tambah Rishian.



Untuk kepentingan ini, maka ada 52 anggota Brimob Mabes Polri ditambah 94 anggota Brimob Polda Jawa Timur, dan 100 anggota Brimob Polda Bali yang diterjunkan untuk membantu operasional dapur umum .

"Para anggota Brimob dari Mabes ini bertugas sebagai operator dapur lapangan ," tambahnya. Sementara anggota Brimob dari Jawa Timur, dan Polda Bali, membantu pembersihan dan evakuasi korban bencana alam.



Untuk kegiatan pembersihan, Mabes Polri menurunkan 16 buah gergaji mesin. Mabes Polri juga mengirim 10 anggota TIK, untuk repiter teknologi informasi di bawah koordinasi Kakorbrimob Polri. Seluruh bantuan ini sudah tiba di Larantuka, dan mulai dikirim dengan kapal laut maupun pesawat cassa Polri mulai Kamis (8/4/2021) secara bertahap sesuai kemampuan angkut kapal.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2579 seconds (0.1#10.140)