Takbir Keliling Ditiadakan, Masjid Gedhe Kauman Ajak Warga Takbiran dari Rumah

Rabu, 20 Mei 2020 - 15:19 WIB
loading...
Takbir Keliling Ditiadakan, Masjid Gedhe Kauman Ajak Warga Takbiran dari Rumah
Foto/Dok Okezone
A A A
YOGYAKARTA - Bagi umat islam, perayaan Idul Fitri menjadi momentum besar setelah bulan Ramadhan. Kegiatan pun dilakukan seperti gelar takbir keliling. Namun di masa pandemi Corona, tidak ada lagi gelaran takbir keliling yang selalu menarik karena banyak atraksi lampion dsn atraksi remaja masjid lainnya.

Begitu juga dengan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, yang mulai siap-siap menyambut Idul Fitri dengan kegiatan takbir. Takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta menyatakan, tetap akan menggelar malam takbiran menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Namun, konsep takbir tidak seperti biasa dengan takbir keliling dengan lampion.

Di tengah pandemi Corona ini, takmir masjid mengajak warga takbir bersama dari depan rumah masing-masing.

"Jadi kita tetap takbir dengan sound system besar dari masjid dan masyarakat mengikuti dari depan rumah masing-masing," terang Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Azman Latief kepada SINDOnews, Rabu (20/5/2020).

Dia menjelaskan, meskipun pandemi Corona pihaknya berharap gema takbir tetap berkumandang. Hal ini juga menunjukkan umat islam merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa ramadhan.

"Jadi, kita buat konsep lain. Takbir dari depan rumah masing-masing dan tetap menjaga jarak atau phisical distancing," katanya.

Direncanakan, agenda takbir bersama dengan komando dari masjid milik Keraton Yogyakarta ini, akan digelar pada Sabtu (23/5/2020) usai shalat isya. Agenda juga akan diakhiri pukul 23.00 WIB.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7901 seconds (0.1#10.140)