Viral, Foto KM Barokah Jaya Bersandar Sebelum Tabrakan dan Terbalik di Laut Indramayu

Senin, 05 April 2021 - 11:06 WIB
loading...
Viral, Foto KM Barokah Jaya Bersandar Sebelum Tabrakan dan Terbalik di Laut Indramayu
Foto KM Barokah Jaya yang tengah bersandar di dermaga sebelum tabrakan dengan MV Habco Pioneer dan terbalik di utara perairan Indramayu. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Sebuah foto kapal bertuliskan Barokah JY tengah bersandar di dermaga viral di media sosial (medsos).

Dalam foto terlihat, kapal yang didominasi warna putih dengan paduan warna biru, kuning, merah, dan hitam tersebut tengah bersandar di tengah kegelapan. Hal itu terlihat dari banyaknya lampu yang menyala.

Diketahui, kapal nelayan tersebut merupakan Kapal Motor (KM) Barokah Jaya yang terlibat insiden tabrakan dengan MV Habco Pioneer di 60 mil laut utara perairan Indramayu, Sabtu (3/4/2021) sekitar pukul 16.45 WIB.

Akibat insiden tersebut, KM Barokah Jaya dengan 32 anak buah kapal (ABK) termasuk nakhodanya terbalik. Sebanyak 17 orang di antaranya sudah berhasil ditemukan dimana dua orang di antaranya meninggal dunia, sedangkan 15 orang lainnya dinyatakan masih hilang.

"Ya, betul (foto KM Barokah Jaya)," ujar Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah saat dikonfirmasi terkait kebenaran foto tersebut melalui telepon selularnya, Senin (5/4/2021).

Disinggung tentang perkembangan terakhir proses pencarian, Deden mengungkapkan bahwa hingga Senin (5/4/2021) pukul 10.15 WIB, sebanyak 15 person on board (POB) masih belum ditemukan.

Menurutnya, proses pencarian masih terus dilakukan. Bahkan, kata Deden, proses pencarian kini melibatkan tiga sarana angkutan laut yang terdiri dari KN Wisnu, KM Gelora Asmara, dan KRI Cucut.

Baca juga: Gegara Share Loc, Rombongan Seserahan Pengantin Nyasar ke Calon Pengantin Lain

"Hari ini, POB yang masih dalam pencarian sebanyak 15 orang, belum ada yang ditemukan kembali. Hari ini pencarian menggunakan 3 alut, KN Wisnu, KM Gelora Asmara, dan KRI Cucut," katanya.

Sebelumnya, dari 17 POB yang dinyatakan hilang, dua orang di antaranya ditemukan tewas, Minggu (4/4/2021) berdasarkan data yang dikeluarkan Kantor SAR Bandung di Posko Pencarian, Desa Eretan Wetan, Indramayu.

Baca juga: 93 Warga Binaan Lapas di Tasikmalaya Positif COVID-19

Jenazah korban yang pertama ditemukan tersangkut di jaring pada pukul 07.00 WIB. Sedangkan satu korban lainnya ditemukan pada pukul 08.00 WIB, di kapal MV Barokah Jaya yang jaraknya 50 Meter dari MV Habco Pioneer.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)