Tingkatkan Customers Experience, PLN Launching Outage Management

Senin, 05 April 2021 - 09:11 WIB
loading...
Tingkatkan Customers Experience, PLN Launching Outage Management
Tingkatkan Customers Experience, PLN Launching Outage Management. Foto/MPI/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Sebagai bagian dari peningkatan pengalaman pelanggan dalam menikmati layanannya, PLN telah meluncurkan Outage Management for Customers.

Program ini merupakan bagian dari transformasi PLN yang telah dimulai sejak Tahun 2020 lalu.

Prelauncing Outage Management di PLN UIW S2JB sendiri telah dimulai sejak 1 Febuari 2021, yang secara bertahap dilaksanakan di seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), diantaranya Palembang, Jambi, Muara Bungo, Lahat, Bengkulu dan Ogan Ilir.

Terlaksananya Go- Live pada seluruh unit pelaksana PLN menjadi penanda bahwa PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) telah siap sepenuhnya untuk mengimplemantasikan Outage Management.

General Manager PLN UIW S2JB, Bambang Dwiyanto mengatakan, Outage Management (OM) merupakan suatu program terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan penyediaan listrik dari PLN.

Layanan menggunakan teknologi artificial intelligence yang saling terintegrasi dan dilengkapi dengan big data untuk mempercepat penanganan pengaduan pelanggan dan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi jika terjadi gangguan kelistrikan.

"Untuk semakin meningkatkan kecepatan dan ketepatan informasi kepada pelanggan, OM juga diperkaya dengan infoblast yaitu pengiriman notifikasi pemadaman secara otomatis dan real time pada aplikasi PLN Mobile bila terjadi pemeliharaan dan gangguan, serta pelayanan borderless, dimana jika sebelumnya petugas pelayanan teknik melayani pelanggan sesuai unit kerja masing-masing, kini pelayanan teknik PLN bisa dilakukan oleh petugas yang terdekat dari lokasi gangguan," ujar Bambang, Senin (5/4/2021).

Bambang Dwiyanto juga mengatakan, Outage Management for Customers ini sebagai sebuah breakthrough yang memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini.

"Dengan mengintegrasikan berbagai teknologi, seperti artificial intelligence, big data, infoblast, PLN Mobile serta Supervisory Control and Data Acquisition, sebagai bukti bahwa PLN senantiasa berinovasi dengan berfokus pada customer experience," ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa Outage Management ini juga diintegrasikan dengan layanan Listriqu, yakni layanan pelanggan terkait masalah kelistrikan atau instalasi listrik di rumah pelanggan secara cepat, akurat, dan transparan serta dilaksanakan oleh petugas yang terampil dan tersertifikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)