Pencurian Motor di Gresik Marak, Kapolres Beri Empat Tips Aman Hindari Maling

loading...
Pencurian Motor di Gresik Marak, Kapolres Beri Empat Tips Aman Hindari Maling
Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto
GRESIK - Kasus pencurian kendaraan bermotor (ranmor) di wilayah Polres Gresik masih marak. Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto memberikan pembelajaran sekaligus tips aman menghindari maling motor yang gentayangan.

Polres Gresik mengerahkan anggotanya melakukan berbagai upaya menjaga keamanan dan kenyamanan. "Tentu ini tidak akan berhasil jika tidak didukung masyarakat itu sendiri. Kesadaran akan keamanan barang pribadi menjadi tanggung jawab kita bersama. Rumusnya, kejahatan tidak akan terjadi kalau tidak ada kesempatan,” ucap alumni Akpol 2001 tersebut, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Aksi Perampokan Gemparkan Gresik, Korban Disekap dan Isi Rumahnya Dikuras

Dia memberikan tips khusus untuk mengantisipasi curanmor. Salah satunya parkir di tempat yang aman. Jangan sampai parkir di tempat yang sepi atau tempat yang tidak ada petugas parkirnya.

Kemudian, jangan meninggalkan kunci di sepeda motor dan surat-surat penting lainnya di dalam jok motor. Karena sering dijumpai beberapa pengendara masih ada yang meninggalkan SIM dan STNK di dalam jok kendaraan.



Hal ini sangat tidak dianjurkan, mengingat akan bahaya jika motor tersebut sampai raib. Kemudian, sepeda motor dikunci setang ke sebalah kanan, agar menyulitkan pelaku karena lubang kunci tertutup setang.

Baca juga: Dijambret, Gadis Cantik Ini Tendang Motor Pelaku hingga Jatuh dan Babakbelur

Dia merekomendasikan satu alat agar motor lebih aman jika berada di luar rumah. "Tambahkan kunci ganda atau kunci rahasia. Bila perlu tambahkan gembok khusus rem cakram roda depan motor anda. Ingat jangan sampai lupa digembok saat parkir," terangnya.

Tentunya yang paling mudah, selalu menutup kunci magnet segera setelah memarkirkan motor. Hal ini sangat dianjurkan guna mempersempit pelaku untuk membuka stop kontak kendaraan.

"Bagi yang tinggal di rumah, kos, kontrakan, warnet, atau bertamu usahakan motor diparkir didalam rumah atau tempat yang dapat dipantau. Diharapkan tips ini dapat berguna bagi masyarakat, mempersempit ruang gerak pelaku dan menurunkan angka Curanmor di wilayah hukum Polres Gresik," pungkasnya
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top