Bertani on Cloud Eggrol Mocapi Menarik Minat Ribuan Peserta

Rabu, 20 Mei 2020 - 13:48 WIB
loading...
Bertani on Cloud Eggrol Mocapi Menarik Minat Ribuan Peserta
Pelatihan Bertani on Cloud Eggrol Mocapi yang menarik minat peserta penyuluh di BPP seluruh Indonesia, widyaiswara, dan masyarakat umum. Foto/Dok.Humas BBPP Lembang
A A A
BANDUNG BARAT - Ribuan peserta mengikuti pelatihan Bertani on Cloud dengan materi membuat Eggroll Mocapi yang dibuka Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Bustanul Arifin Caya, Kamis (14/05/2020). Hadir pula Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Kemal Mahfud.

Pelatihan ini disiarkan secara live streaming lewat saluran youtube elearning Puslatan serta fanspage BPPSDMP yang disakskan lebih dari 1.000 orang.

"Pelatihan Eggroll Mocapi ini sangat tepat karena berkaitan dengan upaya kita meningkatkan pangan lokal. Mari bersama-sama terus sosialisasikan pangan lokal sehingga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata Bustanul dalam rilis yang diterima SINDOnews, Rabu (20/5/2020).

(Baca: Pemkot Bandung Fokus Treatment Kecamatan Zona Merah)

Dijelaskan, tepung mocaf tidak kalah bergizi dibandingkan tepung gandum. Inilah salah satu peluang substitusi impor tepung terigu yang mencapai 10 juta ton, atau nilainya sekitar Rp30 triliun per tahun. Tepung mocaf diharapkan bisa menghasilkan sumber devisa bagi negara dari sektor pertanian.

Widyaiswara Spesialisasi Pengolahan Hasil Pertanian, Aris Hanafiah, Saptoningsih, dan Tim Laboratorium Pengolahan Hasil, memaparkan tentang alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat eggroll mocaf pisang yang berbahan dasar tepung mocaf dan pisang ambon lumut. Suasana pelatihan elearning semakin menarik dengan diselingi diskusi dan kuis berhadiah dari panitia.

Bertani on Cloud memperoleh apresiasi dari Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian , Dedi Nursyamsi yang menilai ini merupakan terobosan model pelatihan yang dapat menjangkau masyarakat luas dengan topik materi yang menarik dan sederhana.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini, tiga pilar dalam pengembangan SDM pertanian juga harus tetap berjalan baik itu pendidikan, pelatihan dan penyuluhan," ucapnya.

(Baca: Mahasiswi Muslim Cantik di Inggris Tewas Diberondong Tembakan)

Salah seorang Penyuluh Pertanian Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan, yang menjadi peserta Bertani on Cloud volume 11 sesi Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, mengaku materi pelatihan sangat bagus. “Setiap hari Selasa dan Kamis saya mengikuti Bertani on Cloud. Materinya bagus dan mudah diaplikasikan, serta penyampaian materi oleh para widyaiswara juga mudah dipahami," kata dia.

Pelaksanaan Bertani on Cloud “Eggrol Mocapi” yang menarik minat peserta penyuluh di BPP seluruh Indonesia, widyaiswara, dan masyarakat umum yang mencapai lebih dari 1.000 peserta. Foto/dok.humas bbpp lembang
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)