Jembatan di Madiun Ambruk, Faktor Usia dan Banyaknya Sampah Jadi Pemicu

Jum'at, 02 April 2021 - 09:54 WIB
loading...
Jembatan di Madiun Ambruk, Faktor Usia dan Banyaknya Sampah Jadi Pemicu
Jembatan yang menghubungkan dua wilayah di Kota Madiun nampak patah di tengah. Faktor usia dan sampah diduga menjadi pemicu.Foto/Arif Wahyu Efendi
A A A
MADIUN - Selain derasnya aliran air Bengawan Madiun, konstruksi jembatan telah lapuk termakan usia diduga menjadi penyebab putusnya jembatan Patihan, Kota Madiun, Kamis malam (1/4/2021). Pemkot Madiun diharapkan segera membangun kembali jembatan tersebut karena menjadi salah satu jalur terdekat menuju tempat pelayanan umum.

Pantauan di lokasi menujukkan, jembatan Patihan yang menghubungkan Kelurahan Patihan dan Kelurahan Sogaten, Manguharjo, Kota Madiun runtuh setelah tiang jembatan diterjang luapan banjir.

Baca juga: Hujan Deras Melanda Madiun, Tebing Longsor dan Jalur Putus

Jembatan yang dibangun sejak jaman Belanda ini menjadi salah satu akses yang dimanfaatkan warga untuk menuju pusat Kota Madiun dan sebaliknya. Namun sejak beberapa bulan terakhir, jembatan ini ditutup warga karena kedua tiangnya dilaporkan mulai bergeser.

Kondisi tersebut diperparah dengan banyaknya sampah bambu dan kayu yang tersangkut di tiang jembatan. Kondisi ini membuat tiang jembatan tertarik sampah dan arus air yang deras.

Baca juga: Bank Jatim Bantu Penataan Taman Benteng Pancasila Kota Mojokerto

"Faktor usia jembatan yang cukup tua juga menjadi penyebab putusnya jembatan ini," terang warga Patihan, Wasito Hadi. Diketahui, panjang jembatan ini 100 meter. Untuk sementara warga harus berputar arah sejauh tiga kilometer melalui Jalan Prambanan Kota Madiun.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)