Bentrok Warga dan Pekerja PT KBPC Pecah di Lokasi Tambang Batu Bara Bungo

Jum'at, 02 April 2021 - 02:27 WIB
loading...
Bentrok Warga dan Pekerja PT KBPC Pecah di Lokasi Tambang Batu Bara Bungo
Bentrokan antara warga dan massa pekerja PT KBPC di Bungo Jambi pecah, Kamis (1/4/2021). Foto: iNews TV/Budi Utomo
A A A
BUNGO - Bentrokan antara warga dan pekerja tambang batu bara dari PT Karya Bunga Pantai Ceria (KBPC) di Kabupaten Bungo, Jambi pecah, Kamis (1/4/2021) siang.

Bentrokan dipicu akibat ratusan warga yang mengatasnamakan berasal dari lima desa di Kecamatan Muko - Muko Bathin VII dan aliran Sungai Batang Bungo , Kabupaten Bungo , Jambi nekat menutup jalan menuju tambang dengan portal, sekira pukul 14.00 WIB.



Tak terima dengan penutupan itu, sekitar pukul 17.00 WIB, tiba-tiba beberapa mobil turck tronton warna putih bermerek PT. KBPC milik perusahaan yang bermuatan masa datang dengan kecepatan tinggi dari arah tambang melewati jalur dari Desa Dusun Baru Pusat Jalo, dan menabrak portal.

Bentrok pun tidak terhindarkan karena rombongan mobil ini menabrak portal besi yang dipasang oleh masa dari desa.Tidak hanya menabrak portal, masa yang berada didalam mobil angkutan batu bara langsung beringas menyerang masa dari desa menggunakan benda keras, kayu, botol minuman dan lainnya.



Serangan tersebut juga dibalas masa dari desa, keduanya tanpa mengindahkan himbauan anggota kepolisian dan TNI dilapangan agar bisa menahan diri.

Bentrok terus pecah dan pihak keamanan tampak kebingungan melerai keributan masa. Beberapa kenderaan angkutan batubara yang ditinggalkan oleh sopir menjadi bulan-bulanan masa dari desa.

Akhirnya, kedua masa berhasil dibubarkan setelah kekuatan pengamanan dari pihak polres terus bertambah dan Komandan Dandim 0426 Bute tiba di lokasi dan menghalau di tengah massa yang bentrok. Pantauan dilapangan kedua pihak yang bentrok digiring keluar lokasi.



Akibat kejadian ini, mobil milik kontributor iNews TV di Kabupaten Bungo yang sedang bertugas melakukan peliputan ikut terkena imbas bentrok. Mobilnya hancur ditabrak kendaraan mobil tronton yang membawa masa dari pihak perusahaan PT KBPC.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)