Libatkan 15.000 UMKM, Ridwan Kamil: Gerakan Bangga Buatan Indonesia Bidik 21 Juta Pembeli

Kamis, 01 April 2021 - 16:54 WIB
loading...
Libatkan 15.000 UMKM, Ridwan Kamil: Gerakan Bangga Buatan Indonesia Bidik 21 Juta Pembeli
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat press conference gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Sebanyak 15.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bakal terlibat pada event gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia yang digelar di Jawa Barat mulai akhir pekan ini. Gerakan tersebut digelar untuk mendongkrak ekonomi skala mikro.

Baca juga: Keliling Kota Medan, Ridwan Kamil Beri Masukan ke Bobby Kembangkan Pariwisata

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, hingga saat ini sudah ada 15.000 UMKM yang bakal terlibat pada event tersebut. Mereka akan dihadirkan secara langsung dan virtual, menawarkan produknya atau menjadi pengisi acara.

Baca juga: Dukung Program Ridwan Kamil, Hipmi Jabar Himpun Offtaker Serap Produk Petani Milenial

"Saya berharap, acara ini bisa menyerap sekitar 21 juta pembeli selama pelaksaan acara. Karena secara potensi cukup besar, terutama kelas menengah yang memang perlu kita sasar agar mau membelanjakan uangnya," kata Ridwan Kamil di Bandung, Kamis (1/4/2021).

Semenatara itu, kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto mengatakan, acara ini adalah upaya bersama untuk menggerakan ekonomi. Kenapa UMKM yang dilibatkan, karena mereka memiliki multiplier efek besar terhadap ekonomi. Misalnya kemampuan mereka menyerap tenaga kerja.

"UMKM ini kan daya sebarnya luar biasa. Karena begitu banyak melibatkan masyarakat, sektor, dan lainnya. Makanya itu perlu kita dorong," kata Herawanto.

Dia pun memastikan, UMKM yang terlibat pada acara Gernas ini merupakan UMKM pilihan hasil kurasi. Mereka adalah pelaku usaha lokal yang telah memiliki standar kualitas, perizinan, dan memberi dampak besar terhadap lingkungannya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat, akan menampilkan showcasing produk kriya, fashion, kuliner (termasuk kopi) dan Industri Kreatif premium dari 64 UMKM mitra Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat dan perbankan di Jawa Barat.

Showcasing digelar selama tiga hari, yakni 2-4 April 2021. Pelaksanaan showcasing digelar di Atrium Trans Studio Mall Bandung. Selain showcasing, acara juga akan dimeriahkan pemutaran video pariwisata, medley tarian jawa barat, fashion show, belanja interaktif, webinar, talkshow akses pembiayaan dan business matching, implementasi QRIS, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional.

Setelah kegiatan showcasing di Trans Studio Mall Bandung selesai, promosi, penjualan termasuk transaksi produk UMKM Jawa Barat tetap dapat dilakukan melalui website www.karyakreatifjawabarat.com, kerabat store, e-marketplace borongdong.id, shopee dan blibli.com, https/bicef.id serta lainnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)