Hebat! Teman Sebaya Masih Sekolah di SMP, Hasna Azizah Sudah Kuliah di Unair

Rabu, 31 Maret 2021 - 15:04 WIB
loading...
Hebat! Teman Sebaya Masih Sekolah di SMP, Hasna Azizah Sudah Kuliah di Unair
Hasna Azizah, calon mahasiswa baru termuda Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga, Surabaya. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Hebat! Saat teman-teman lainnya masih duduk di bangku SMP, Hasna Azizah sudah menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya. Di usianya yang baru 15 tahun, dirinya dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Unair.

Baca juga: Keren! 4 Anak di Bawah 16 Tahun Berhasil Lulus SNMPTN 2021 di Unair

Hasna menuturkan, dirinya hanya memerlukan waktu 2 tahun untuk menuntaskan jejang SMP. Begitu pula pada jenjang SMA yang diselesaiannya dalam waktu 2 tahun.

Baca juga: ITB Terima Mahasiswa S2 Termuda Berusia 19 Tahun

“Saat TK dan SD, umur saya masuknya sama aja seperti yang lainnya. Di SMP dan SMA itu mereka pakai sistem SKS, jadi paling cepet selesai bisa dua tahun,” kata Hasna, Rabu (31/3/2021).

Alumnus SMA International Islamic High School (IIHS) ini menambahkan, atas capaian membanggakan tersebut, dirinya kemudian dinobatkan sebagai calon mahasiswa termuda FH Unair. Hal itu tentu saja sulit diraih tanpa usaha yang sepadan.

Selama sekolah, Hasna tinggal di asrama. Kegiatannya cukup padat. Pagi-pagi Ia sudah harus mengikuti kegiatan asrama, seperti Salat Subuh berjamaah, tilawah, lalu siap-siap pergi ke sekolah.

“Kegiatan belajar dimulai pukul 07.30 sampai Ashar. Terus ada kegiatan asrama sampai jam 21.00. Setelah itu baru beristirahat,” ucapnya.

Di samping itu, beberapa bulan terakhir Hasna juga mengikuti sejumlah bimbingan belajar dari pukul 16.30 WIB hingga 20.00 WIB. “Biar cepat paham aku memahami materi dari pada menghapal. Dan setiap dua minggu sekali aku ikut try out untuk mengetes sampai mana kemampuan aku,” jelasnya.

Gadis kelahiran Jakarta, 23 September 2005 tersebut mengaku memiliki target untuk secepatnya menyelesaikan pendidikan. Hal itu diupayakannya bukan tanpa sebab. Hasna mengaku ingin membanggakan orang tua dan menjadi sosok inspiratif seperti saudara-saudara kandungnya. Dari sana, ia mendapatkan motivasi yang sangat besar.

“Saya memang ada target sekolah (kuliah) secepatnya. Apalagi kakak-kakakku masuk universitas yang bagus-bagus juga, itu jadi dorongan buat saya,” ujar anak kelima dari tujuh bersaudara itu.

Bagi Hasna, belajar Ilmu Hukum adalah salah satu cita-cita yang ia impikan. Hasna bersyukur kini mimpi itu telah terwujud. “Ilmu Hukum itu menurut aku keren banget dan prospek ilmunya kan banyak gitu,” ucapnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)