14.952 Keluarga di Salatiga Terima Bantuan Sosial Tunai

Selasa, 19 Mei 2020 - 20:30 WIB
loading...
14.952 Keluarga di Salatiga Terima Bantuan Sosial Tunai
Sejumlah warga saat mencairkan bantuan sosial tunai di Aula Kecamatan Sidomukti, Salatiga, Selasa (19/5/2020). Foto : IST
A A A
SALATIGA - Sebanyak 14.952 keluarga di Salatiga menerima bantuan sosial tunai (BST) dar Kementerian Sosial. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris kepada sejumlah keluarga penerima manfaat di Aula Kecamatan Sidomukti, Salatiga (19/5/2020).

Keluarga penerima manfaat bisa mencairkan bantuan senilai Rp600.000 tersebut melalui PT Pos Indonesia dan Himpunan Bank Rakyat (Himbara). Dimana 13.475 KPM pencairannya diserahkan melalui PT Pos Indonesia dan 1.477 KPM melalui Himbara.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris berharap, bantuan sosial tunai ini bisa memberikan manfaat, utamanya bagi warga terdampak COVID-19 menjelang lebaran.

"Cukup banyak penerima BST 2020 di Salatiga. Semoga yang lain bisa tertampung malalui program bantuan sosial yang lain, baik dari Kemensos maupun dari APBD Provinsi atau kota. Harapan kami, sasaran penerima bansos ini sesuai dengan apa yang kita harapkan," ujarnya.(Baca juga : Di Yogya Ada Balita Terima Undangan Ambil BLT Rp600.000 )

Di tengah antrian warga yang mencairkan BST tersebut, Sunardi, warga Kridanggo RT 2 RW 1 Kelurahan Kalicacing, Sidomukti memiliki tujuan berbeda. Dia berada diantara deretan warga bukan untuk mencairkan BST, melainkan bermaksud mengembalikan bantuan tersebut.

Pengembalian (surat undangan) BST kepada petugas PT Pos Indonesia tersebut disaksikan langsung oleh Kapala Dinas Sosial Kota Salatiga Rochadi. Disebutkan dalam surat pemberitahuan yang diterimanya dari PT Pos Indonesia, bahwa Sunardi berhak menerima BST 2020 senilai Rp 600.000 setiap bulan selama tiga bulan.

"Saya kembalikan BST 2020 bulan April karena saya sudah mampu," tulis Sunardi pada bagian bawah surat pemberitahuan BST tersebut.

Rochadi mengatakan, apa yang dilakukan oleh Sunardi merupakan contoh baik yang bisa ditiru atau dicontoh oleh warga lain yang merasa mampu, karena masih banyak warga lain yang membutuhkan dan kurang mampu.

"Apresiasi yang tinggi kepada Bapak Nardi, walau mendapat bantuan tapi merasa mampu dan memilih mengembalikannya kepada PT Pos Indonesia untuk dialihkan kepada yang lebih membutuhkan. Terimakasih atas pengembaliannya dan mudah-mudahan di bulan puasa ini menjadi ladang ibadah bagi Pak Nardi," tutur Rochadi.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)