Gempa 5.3 SR Guncang Ternate, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Sabtu, 20 Maret 2021 - 23:12 WIB
loading...
Gempa 5.3 SR Guncang Ternate, Warga Berhamburan Keluar Rumah
Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
TERNATE - Gempa bumi 5.2 Skala Richer mengguncng Provinsi Maluku Utara . Warga yang terlelap tidur berhamburan keluar rumah.

Pusat gempa berada di 55 KM barat laut Ternate dengan kedalaman 11 KM. Gempa 5.3 SR yang terjadi pukul 00.02 itu dirasakan cukup kuat di wilayah Kota Ternate, dengan kekuatan 3MMI.

Tak hanya di Ternate, beberapa wilayah lainnya di Maluku Utara juga merasakan antara laian, Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Tengah.

"Kami informasikan kegempaan yang barusan terjadi. Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5.3 SR. Gempa ini terjadi pada pukul 00.02 WIT, gempa ini berada di laut Maluku dengan koordinat 1.2 LT Utara, gempa berada di barat laut dengan jarat 55 KM dari Kota Ternate," kata Taufan Taufik, Staf Operasional BMKG Ternate, Minggu (21/03/2021).

Baca juga: Berkeliaran Tengah Malam, Lima Muda Mudi Diamankan Tim Gabungan

Gempa yang terjadi tidak berpotensi Tsunami, dan warga diimbau agar tidak panit namut tetap meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga: Bupati Yaumil Kukuhkan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasangkayu

"Gempa ini tidak berpotensi Tsunami. Kami imbau kepada masyarakat untuk tetap mengupdate informasi terkait gempa dari BMKG. Lanjut Taufan, kemungkinan besar karena gempa berada di laut Maluku disevabkan karena adanya aktifitas pergeseran lempeng, yaitu adanya subduksi di laut Maluku," jelasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1164 seconds (0.1#10.140)