Lahar Hujan Merapi Sudah Sampai BOD VI, Pemukiman Warga Dinilai Masih Aman

Sabtu, 20 Maret 2021 - 16:32 WIB
loading...
Lahar Hujan Merapi Sudah Sampai BOD VI, Pemukiman Warga Dinilai Masih Aman
Lahar Hujan Merapi Sudah Sampai BOD VI, Pemukiman Warga Dinilai Masih Aman
A A A
SLEMAN - Badan Penanggulanan Bencan Daerah (BPBD) Sleman memastikan sampai saat ini aliran lahar hujan dari Gunung Merapi ke sungai Boyong belum mengancam pemukiman warga.

Hasil monitong CCTV pasca hujan deras Kamis (18/3/2021), saat ini aliran material lahar baru mengisi area Boyong Over Dam (BOD) VI atau 8 kilometer (km) dari puncak. Tepatnya di bawah Dusun Turgo, Purwobinangun, Pakem dan belum sampai menembus ke Jembatan Kemiri. Baca juga: Merapi Keluarkan 8 Kali Lava Pijar dan Asap Sulfatara Setinggi 400 Meter

“Atas kondisi ini, maka (erupsi Merapi) belum mebahayakan kawasan pemukiman,” kata Kepala Seksi Mitigasi Bencana BPBD Sleman Joko Lelono, Sabtu (20/3/2021).

Selain itu material lahar belum memenuhi daya tampung BOD VI dan sungai yang dialiran lahar tersebut juga terdapat tebing setinggi 100 meter sehingga cukup aman untuk menahan luapan.

Lahar hujan dinilai sudah membahayakan jika sudah lebih dari Jembatan Kemiri, sebab sudah mengacam dusun Kemiri dan Candi. “Jika sudah sampai jembatan Kemiri, pemantaunnya harus lebih intensif,” paparnya. Baca Juga: Diguyur Hujan, Kota Padang Banjir Satu Meter

Sedangkan mengenai terjadinya luapan Sungai Gajah Wong di wilayah Depok, menurut Joko bukan dipicu oleh aliran lahar dari puncak Merapi. Melainkan terjadinya luapan dari sungai Tras yang sudah melebihi titik kritis. Sehingga saat banjir airnya meluber bahkan sampai ke Kota Yogyakarta.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)