Korban Banjir di Pesisir Muara Gembong Dapat Pengobatan Gratis

Kamis, 18 Maret 2021 - 15:28 WIB
loading...
Korban Banjir di Pesisir Muara Gembong Dapat Pengobatan Gratis
Warga di pesisir Muara Gembong yang sempat dilanda banjir saat mendapat pengobatan gratis. (Foto/Ist)
A A A
CIKARANG - Musim penghujan yang disusul banjir melanda di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di pesisir Muara Gembong, karena meluapnya sungai Ciheurang dari bagian jalur sungai Citarum di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Akibatnya banyak lansia dan anak-anak yang membutuhkan pengobatan karena sakit.

"Kami melihat dampak besar dari pasca-banjir yang terjadi. Kebutuhan layanan kesehatan sangat dibutuhkan, terutama bagi kelompok lanjut usia dan anak. Oleh karena itu kami hadir," kata Dokter Siloam Hospitals Lippo Cikarang, dr Nancy Christina, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kamis (18/3/2021).

Nancy menjelaskan, antusiasme warga cukup tinggi dalam mengikuti pengobatan gratis yang dilakukan pihaknya. Mereka tidak berkumpul, saling mengatur waktu kunjungan ke Posko Konsultasi dan Pengobatan medis gratis tersebut.

"Protokol kesehatan tetap kami jalankan bersama masyarakat sekitar. Layanan medis yang kami jalankan berjalan tertib sesuai protokol Kesehatan. Memang sebagian besar diketahui mengidap penyakit gatal kulit, batuk, dan kebutuhan vitamin," imbuh Dokter Nancy.

Penyakit gatal-gatal, batuk, pilek memang merupakan penyakit yang sering menyerang saat musim hujan. Melansir dari Firstcry, memang terdapat sejumlah penyakit di musim hujan yang patut diwaspadai.

"Batuk dan pilek jadi masalah kesehatan di musim hujan adalah batuk dan pilek. Penyakit ini dapat berkembang menjadi influenza. Penyebab dari penyakit ini adalah virus yang sangat menular dan menyebar dengan cepat melalui udara," ujarnya.

Ada juga penyakit scabies atau penyakit kulit. Ini dikarenakan musim hujan, infeksi kulit juga mungkin terjadi. Salah satunya scabies yang dapat menginfeksi bayi dan anak-anak. "Ada juga pasien demam yang kami tangani," kata dia.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)