Mahfud MD Sebut Jawa Timur Mampu Tunjukkan Moderasi Beragama

Rabu, 17 Maret 2021 - 15:52 WIB
loading...
Mahfud MD Sebut Jawa Timur Mampu Tunjukkan Moderasi Beragama
Menkopolhukam Mahfud MD menghadiri acara silaturahmi dengan Fokopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kodam V Brawijaya. Foto/MPI/Lukman
A A A
SURABAYA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut, Jawa Timur (Jatim) sebagai provinsi besar dengan jumlah 40 juta penduduk dengan 38 kabupaten/kota, mampu menunjukkan moderasi beragama.

“Di sini (Jatim), adalah tempat berkembang biak moderasi beragama yang dulu dipelopori KH Hasyim Ashari. Di sini konflik umat antar beragama karena perbedaan agama sangat kecil. Bahwa ada teroris itu perilaku menyimpang bukan hanya Islam. Semua agama punya terorisnya sendiri karena sangat radikal dalam pemahamannya,” kata Mahfud MD seusai acara silaturahmi dengan Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kodam V Brawijaya, Rabu (17/3/2021).

Setiap agama, kata dia, memiliki pengikut radikal-ekstrim, bahkan mengarah pada tindakan teror. Namun di Indonesia secara umum organisasi keagamaan sejak dulu telah mengembangkan pemahaman yang moderat. Sehingga perbedaan tidak sampai berkembang menjadi perpecahan.

“Secara umum (persoalan terorisme) itu bisa diatasi dengan cara dihadapi secara bersama-sama oleh seluruh elemen bangsa. Provinsi Jatim, salah satu contoh provinsi yang berhasil meminimalisir berkembangnya paham radikal-ekstrim dan terorisme,” tandas Mahfud.

Baca juga: Buka Kongres HMI, Gubernur Khofifah: Warga Jawa Timur Bahagia Presiden Jokowi Pakai Batik Madura

Dalam kesempatan ini, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga menyinggung terkait kasus COVID-19 di Jatim. Bahkan, semua kabupaten dan kota masuk zona merah. Kini kasusnya terus menurun dan tidak ada lagi zona merah di Jatim.

Baca juga: Baru Terima Kiriman 3 Jirigen BBM, Rumah Berisi 5 Motor Ludes Terbakar

“Ini satu keberhasilan. Pemerintah sekarang sedang bekerja keras dan fokus menangani dan berperang melawan COVID-19,” katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)