Promosikan Wisata Sulsel Sambil Bersepeda Sehat di Era Pandemi

Senin, 15 Maret 2021 - 22:23 WIB
loading...
Promosikan Wisata Sulsel Sambil Bersepeda Sehat di Era Pandemi
Komunitas Sepeda Lipat Makassar (SLIM) akan menggelar event Jelajah Sepeda Pesona Wisata Sulawesi Selatan. Foto: Istimewa
A A A
PINRANG - Event Jelajah Sepeda Pesona Wisata Sulawesi Selatan, akan digelar pada Agustus nanti sebagai ajang untuk mempromosikan wisata sambil bersepeda sehat.

Hal ini sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah kesehatan pulih ekonomi bangkit . Untuk itu, salah satu Komunitas Sepeda di Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Lipat Makassar (SLIM) mencoba menggagas dan memprakarsai sebuah event bersepeda sehat dalam bentuk jelajah sepeda wisata.

Yuli Priyono, Ketua SLIM saat simulasi Jalur Sepeda Wisata Etape Satu Makassar-Pinrang di Kabupaten Pinrang, pada akhir pekan lalu mengatakan, event bersepeda ini nantinya tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan tidak menimbulkan kerumunan sosial.

Baca Juga: Pengurus PHRI Sulsel Bersepeda 110 Km untuk Serahkan Bantuan

Meski demikian akan lebih mengutamakan aspek bersepeda sehat bagi peserta sambil menikmati perjalanan di jalur dengan tampilan pesona wisata sesuai rute yang dilalui peserta.

"Even ini merupakan Jelajah Sepeda Pesona Wisata Sulawesi Selatan yang akan diadakan di Bulan Agustus 2021 jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76, yang lebih mengutamakan aspek kesehatan, pariwisata daerah, dan menumbuhkan kembali perekonomian daerah melalui promosi wisata daerah,utamanya di Sulawesi Selatan dengan motto Gowes Wisata Keringat Sehat," jelas Yuli.

Sementara Rhommy Manule, sebagai Koordinator Rute Etape Jelajah Sepeda Wisata , menekankan karena even ini dilakukan dalam kondisi masih Pandemi Covid-19, maka jumlah peserta sangat dibatasi hanya 200 orang dengan memperhatikan pembatasan kerumunan.

Dengan terbatasnya jumlah peserta, kata dia, diharapkan setiap peserta dapat menikmati perjalanan jelajah sepeda dengan sehat dan selamat sambil menikmati panorama daerah setiap jalur rute kabupaten yang dilalui.



Simulasi jalur, rute dan etape sepeda wisata sehat ini dihitung dengan jarak tempuh 333 kilometer yang dimulai dari titik pelepasan Kota Makassar dan berakhir di titik pemberhentian di Toraja Utara, melalui jalur daerah yang dilalui Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Kota Parepare, Pinrang, Enrekang, Toraja dan Toraja Utara.

"Saat ini panitia, sementara masih terus melangkah penguatan tahapan perijinan,konsolidasi administratif, pematangan dukungan kelembagaan, tentatif rundown dan teknis kesiapan simulatif," tandas Ketua Panitia Syamruddin.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)