Para Pengguna Iphone, Hati-Hati Banyak Aplikasi yang Membebani

Sabtu, 18 April 2020 - 11:17 WIB
loading...
Para Pengguna Iphone, Hati-Hati Banyak Aplikasi yang Membebani
foto/SINDOnews
A A A
CUPERTINO - Para pengguna ponsel merek Iphone mulai sekarang mesti selektif dalam mengunduh atau menggunakan aplikasi yang tersedia pada sistem IOS. Baru-baru ini, sejumlah peneliti menemukan ada banyak aplikasi yang membebankan biaya langganan yang sangat tinggi.

Para peneliti di Sophos Labs menulis dalam posting blog baru yang dikutip oleh Mirror, bahwa banyak dari aplikasi ini mengenakan tarif berlangganan hampir Rp500.000 per bulan setelah masa percobaan 3 atau 7 hari. Jika seseorang terus membayar langganan itu untuk setahun, maka biayanya mencapai Rp5,6 juta. Fatalnya biaya itu hanya untuk satu aplikasi. ( Baca: Peneliti Desak Pemilik iPhone Hapus Puluhan Aplikasi iOS Ini )

Sebagian besar dari 30 lebih aplikasi terdaftar sebagai gratis untuk diunduh dari App Store, tapi memiliki tingkat berlangganan dalam aplikasi yang sangat tinggi hingga pada akhirnya menagih pengguna dalam jumlah besar.

Para peneliti menjelaskan bagaimana skema bekerja dengan mencatat, "Jika Anda berpikir salah satu aplikasi ini gratis dan menginstalnya, aplikasi akan memberi Anda pemberitahuan 'percobaan gratis' segera setelah meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya. Pemberitahuan ini meminta pengguna untuk memberikan rincian kartu pembayaran. Dalam beberapa kasus, sebagian besar fitur berguna dari aplikasi hanya akan dapat digunakan jika Anda mendaftar untuk berlangganan. Beberapa pengguna dapat mendaftar untuk berlangganan tanpa membaca cetakan kecil, yang mencakup biaya aktual dari aplikasi tersebut," kata para peneliti.

Daftar Aplikasi yang Harus dihapus dari iPhone atau iPad:
- Seer App: Face, Horoscope, Palm
- Selfie Art – Photo Editor
- Palmistry Decoder
- Lucky Life – Future Seer
- Life Palmistry – AI Palm & Tag
- Picsjoy-Cartoon Effect Editor
- Aging seer – Faceapp, Horoscope
- Face Aging Scan-AI Age Camera
- Face Reader – Horoscope Secret
- Horoscope Secret
- CIAO – Live Video Chat
- Astro Time & Daily Horoscope
- Video Recorder / Reaction
- Crazy Helium Funny Face Editor
- Banuba: Face Filters & Effects
- QR Code Reader – Scanner
- QR Code Reader & Barcode PRO
- Max Volume Booster
ace Reading – Horoscope 2020
- Forecast Master 2019
- mSpy Lite Phone Family Tracker
- Fortunescope: Palm Reader 2019
- Zodiac Master Plus – Palm Scan
- WonderKey-Cartoon Avatar Maker
- Avatar Creator – Cartoon Emoji
- iMoji – Cartoon Avatar Emojis
- Life Insight-Palm & Animal Face
- Curiosity Lab-Fun Encyclopedia
- Quick Art: 1-Tap Photo Editor
- Astroline astrology, horoscope
- Celeb Twin – Who you look like
- My Replica – Celebrity Like Me

Jika Anda memiliki salah satu aplikasi ini terinstal di ponsel Anda, selain menghapus instalannya, penguna juga harus membatalkan langganannya. Untuk melakukan itu buka aplikasi Pengaturan. Ketuk nama Anda di bagian atas layar lalu ketuk Langganan.

Kemudian Anda klik berlangganan yang ingin dikelola dan pilih opsi berlangganan atau "Batalkan Berlangganan". Jika tidak melihat opsi seperti itu, berarti langganan telah dibatalkan dan tidak akan diperpanjang. Penting untuk dicatat bahwa hanya menghapus aplikasi tidak akan menghentikan Anda dari ditagih, pengguna harus membatalkan layanan langganannya.

"Pengguna harus tetap waspada dan dengan cermat memeriksa persyaratan untuk membeli atau 'berlangganan' ke aplikasi yang dipromosikan melalui iklan dalam aplikasi. Jika Rp500.000 digunakan guna menghabiskan waktu untuk astrologi, pembaca barcode, atau aplikasi yang akan menunjukkan seperti apa penampilan Anda ketika Anda berusia 80 tahun, cari aplikasi lain," tulis Sophos dalam blog-nya.

Perusahaan riset itu menambahkan, aplikasi perangkat lunak seperti itu juga ditemukan di Google Play Store. Jika Anda melihat beberapa tagihan yang tidak dikenali dalam laporan bank bulanan, mereka mungkin berasal dari satu atau lebih aplikasi ini.

Laman Phone Arena menyebutkan, salah satu cara untuk menghindari aplikasi seperti ini adalah dengan terlebih dulu membaca bagian ulasan di App Store atau Google Play Store. Tindakan itu harus dilakukan sebelum menginstal aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal.

Jika ada komentar yang menyebutkan masalah yang tidak biasa dengan aplikasi dan disertai dengan peringkat rendah, itu adalah tanda yang meminta Anda supaya segara meninggalkan aplikasi.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)