Ini 4 Tips Hadapi Pandemi Corona Hasil Dialog Ridwan Kamil dengan Aa Gym

Sabtu, 18 April 2020 - 11:08 WIB
loading...
Ini 4 Tips Hadapi Pandemi Corona Hasil Dialog Ridwan Kamil dengan Aa Gym
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah tips dalam menghadapi pandemi virus Corona. Tips tersebut diperolehnya seusai berdialog dengan KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) beberapa waktu lalu.

"Saat diskusi online, ada nasehat @aagym untuk jiwa-jiwa yang berkesusahan karena covid, namun masih ingin berjuang sampai detik terakhir sebelum tangannya mengulur dari bawah menerima bantuan tangan dari atas," kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil melalui akun Instagram resminya.

Tips pertama, kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, selalu yakin dengan pertolongan Tuhan. "Yakinkan hati bahwa Allah akan menolong kita dengan caraNYA. Di balik kesulitan selalu ada kemudahan," tulisnya.

Tipa kedua, yakni berpasrah diri dengan selalu berusaha jika kesulitan rezeki akibat virus corona. Dia menyebut, tabungan bisa digunakan di saat-saat darurat seperti saat ini. "Tujuan menabung bukankah juga untuk dipergunakan di saat-saat sulit dan darurat," kata Emil. (Baca : Warga Bandung Raya Optimistis PSBB Bisa Tekan Wabah Corona)

Tips ketiga, menjual aset seperti perhiasan, tanah dan kendaraan. ”Gunakan aset yang kita punya untuk dijadikan benteng terakhir jika tabungan sudah tidak punya. Menjual perhiasan, tanah jika ada dan barang2 bernilai ekonomi lainnya,” katanya.

Tips terakhir, jika tabungan habis warga bisa meminta pertolongan kepada keluarga. ”Jika tabungan habis dan aset pun sudah tidak ada. Barulah meminta pertolongan. Pertama kepada keluarga, sanak saudara dan terakhir meminta kepada negara,” katanya.

Dia mengatakan tidak mungkin keuangan negara bisa membantu 100 persen warga yang kesulitan. Kang Emil mengimbau semua orang saling membantu.

"Namun tidaklah mungkin keuangan negara apalagi Indonesia punya kapasitas membantu 100% warganya dalam bentuk tunai dan pangan. Itulah kenapa masyarakat yang mampu diimbau juga dengan solidaritas sosialnya untuk memberi sedekah dan berdonasi di situasi sulit ini," ucapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)