2 Kali Divaksinasi, Sekda Kota Bandung Positif COVID-19

Rabu, 10 Maret 2021 - 16:21 WIB
loading...
2 Kali Divaksinasi, Sekda Kota Bandung Positif COVID-19
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat mendapat vaksinasi. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna terkonfirmasi positif COVID-19 sejak Selasa, (9/3/2021).

Padahal, sebelumnya Ema telah dua mendapat suntikan vaksin Sinovac sejak pertengahan Januari 2021 lalu.

Informasi dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Ahyani Raksanagara, saat ini Ema sedang menjalani perawatan di RSKIA Bandung, Jalan Kopo Raya, Kota Bandung.

Namun, informasi yang diterima MPI, secara keseluruhan kondisinya baik-baik saja. "Baru tadi malam (masuk RS). Keadaan umumnya baik. Mohon doanya saja dari semua, semoga cepet pulih," kata dia, Rabu (10/3/2021).

Menurut Ahyani, sebelumnya Ema memang telah mendapatkan dua kali suntikan vaksin Covid-19. Tepatnya pada 14 dan 28 Januari 2021. Namun hal itu tidak menjamin seseorang tidak terpapar COVID-19.

"Fungsi vaksinasi kita tahu ada beberapa. Ada untuk individu, ada untuk yang lainnya. Buat individu meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki kekebalan terhadap virus Covid-19. Tidak ada satu vaksin yang menjamin 100 persen," terangnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang bisa terpapar virus Covid-19. Di antaranya, virulensi kuman, kondisi tubuh, dan faktor lingkungan.

"Misalnya virulensi kuman sendiri. Maksudnya jumlah virus yang masuk dan kekuatan virusnya. Itu kita tidak tahu," terang Ahyani.

Kedua, kondisi tubuh si orang tersebut tidak tahu seperti apa. Apakah memang kegiatan fisiknya sedang banyak atau seperti apa. Kemudian faktor lingkungan dan udara.

Lebih jauh Ahyani menegaskan, tujuan vaksinasi yaitu untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh seseorang. Termasuk sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)