Sukses Tingkatkan Kinerja BUMD, Ridwan Kamil Sebut Resepnya SDM Berkualitas

Selasa, 09 Maret 2021 - 19:04 WIB
loading...
Sukses Tingkatkan Kinerja BUMD, Ridwan Kamil Sebut Resepnya SDM Berkualitas
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - Sejumlah Badan Usaha MIlik Daerah (BUMD) Jawa Barat menunjukan kinerja memuaskan. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memastikan kesuksesan tersebut merupakan buah upaya pihaknya mereformasi BUMD dalam dua tahun terakhir.

Ridwan Kamil mengatakan, setelah dua tahun pihaknya membenahi BUMD, beberapa BUMD kini sudah berhasil memberikan deviden. Menurutnya, pembehanan ini menitikberatkan pada urusan sumber daya manusia (SDM).

"Saya bangga setelah dua tahun reformasi BUMD di Jabar mulai ngasih deviden. Kalau ditanya resepnya apa? Karena kemarin kita seleksi benar-benar ketat SDM-nya," ungkap Ridwan Kamil di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Selasa (9/3/2021).

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, SDM yang berkualitas terbukti menghasilkan performa yang baik. Dia menunjuk Bank Jabar Banten (bank bjb) sebagai satu-satunya bank yang profitable.

Dia menekankan, pembenahan SDM membuat indeks kinerja bank tersebut membaik. Emil pun mengapresiasi penghargaan Indonesia Best BUMD Award 2021 yang diraih bank bjb, PT Jasa Sarana, PT Agro Jabar, dan PT Migas Hulu. "Saya bangga ada penghargaan ini,” ujarnya.

Emil berharap, kinerja positif yang ditunjukkan BUMD-BUMD tersebut bisa memicu BUMD lain agar di sisa masa jabatannya sebagai Gubernur Jabar mampu menjadi BUMD yang sehat.

"Sisa BUMD yang lain bisa mengikuti jejak empat BUMD ni, maka bank bjb tidak seintens lagi ibaratnya sudah juara. Sekarang saya fokus ke Jasa Sarana, Migas Hulu, Jaswita, memang harus disapih," katanya.

Dalam catatan, bank bjb berhasil menyumbang deviden ke Pemprov Jabar sebesar Rp335 miliar, sementara Migas Hulu Jabar Rp76 miliar, serta PT Jasa Sarana dan PT Agro Jabar sudah menghasilkan keuntungan meskipun belum memberikan deviden yang besar.

Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar (MUJ) Begin Troys mengatakan, pihaknya mengapresiasi gelar yang disematkan pada pihaknya dalam ajang Best BUMD Award 2021 dalam kategori "Region, The Front Line of Indonesia’s Economic Recovery".

Baca juga: Kadin: Investasi dan Likuiditas Sedang Bagus, Sayang Kalau Tak Dinikmati UMKM

"Dalam situasi yang tidak mudah ini karena dihadapkan wabah pandemi MUJ bisa menjadi perseroan yang bisa menjaga kinerja perusahaan dengan memanfaatkan peluang peluang bisnis dengan memeprkuat kolaborasi,” katanya.

Baca juga: Dukung Liga Sepakbola, Ridwan Kamil: Udah Lama Gak Nyetadion

"Semoga apresiasi yang diberikan bisa memacu kami untuk bisa terus bekerja dan berkontribusi untuk daerah dalam mewujudkan Jabar Juara seperti apa yang diharapkan Pak Gubernur Jabar Ridwan Kamil," kata Begin Troys.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)