Bertemu IDI Bahas Pandemi, Ini Permintaan Pemkot Bandung

loading...
Bertemu IDI Bahas Pandemi, Ini Permintaan Pemkot Bandung
Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bertemu dengan Pemerintah Kota Bandung, membahas berbagai persoalan terkait pandemi dan rencana digelarnya Muktamar IDI ke-31 pada Oktober mendatang. SINDOnews/Arif
BANDUNG - Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bertemu dengan Pemerintah Kota Bandung, membahas berbagai persoalan terkait pandemi dan rencana digelarnya Muktamar IDI ke-31 pada Oktober mendatang.

Bandung , rencananya menjadi satu daerah dari 4 kota yang dicalonkan menjadi tuan rumah. Walaupun muktamar bakal digelar secara daring, namun diperkirakan aktivitas muktamar tetap akan dilakukan secara tatap muka, terutama panitia.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan bisa menghasilkan solusi untuk masalah kesehatan, terutama soal pandemi COVID-19.

"Karena lazimnya Muktamar itu bukan hanya menghadirkan kepemimpinan baru, tapi mudah-mudahan mengeluarkan rekomendasi bagaimana kita menyelesaikan pandemi dan sektor kesehatan lain," kata dia, Senin (8/3/2021).

Muktamar IDI merupakan musyawarah nasional yang akan dihadiri dokter-dokter seluruh Indonesia untuk menetapkan pemimpin baru IDI, dan menghasilkan kebijakan strategis nasional.



Mengingat pandemi COVID-19 yang tak tahu kapan akan berakhir, rencananya kegiatan Muktamar akan dilaksanakan secara hybrid (offline dan online) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Kami bersama IDI Kota Bandung dan Jawa Barat, bahwa kami secara teknis, pendanaan, dan regulasi siap menjadi tuan rumah. Ini suatu kehormatan apabila terpilih menjadi tuan rumah," tutur Yana. Baca: Pelajar SMA Ini Beruntung Diselamatkan Polisi, Nyaris Celaka Dihajar Massa.

Ketua IDI Jawa Barat, dr Eka Mulyana mengungkapkan, Muktamar merupakan pertemuan tertinggi yang akan dihadiri perwakilan dokter dari seluruh Indonesia.

"Sehingga ini menjadi bahan untuk merekomendasikan kepada Pemda maupun pemerintah pusat terkait kebijakan kesehatan, terutama di masa pandemi. Sehingga kesiapsiagaan kita lebih baik lagi," terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kredensial Pengurus Besar (PB) IDI, dr Ramlan Sitompul mengatakan, pada Muktamar ini juga akan membahas secara detail hal-hal apa yang akan menjadi masukan untuk pemerintah. Baca Juga: Tangis Pilu Pecah saat Bupati OKU Kuryana Azis Dimakamkan dengan Protokol COVID-19.

"Termasuk dalam hal bagaimana organisasi profesi berkontribusi di masa pandemi. Mudah-mudahan nanti teman-teman sejawat memberikan pemikiran solusi-solusi yang terbaik," pungkasnya.
(nag)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top