Ekspor Langsung Perikanan Manado-Singapura Diluncurkan, Jadi Solusi di Tengah Pandemi

Senin, 08 Maret 2021 - 14:21 WIB
loading...
Ekspor Langsung Perikanan Manado-Singapura Diluncurkan, Jadi Solusi di Tengah Pandemi
Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw yang menghadiri peluncuran ekspor langsung di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Foto/Okezone/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Sulawesi Utara kembali melakukan terobosan di tengah pandemi COVID-19, dengan melakukan direct call ekspor atau ekspor langsung hasil perikanan dari Manado ke Singapura. Dalam ekspor perdana ini, sebanyak 4,2 ton komoditas perikanan seperti tuna dan lobster serta komoditas pertanian dikirim ke Singapura.



Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven O.E. Kandouw yang menghadiri peluncuran ekspor langsung di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado mengatakan, bahwa Pemprov Sulawesi Utara, tak pernah berhenti melakukan upaya membangkitkan perekonomian di tengah pandemi COVID-19 dengan melakukan berbagai terobosan termasuk ekspor langsung hasil perikanan Sulawesi Utara, ke Singapura.



"Di tengah pandemi COVID-19 ini, tidak ada jalan lain untuk peningkatan ekonomi, selain melakukan ekspor pertanian dan perikanan . Dan ini direalisasikan melalui ikhtiar semua pihak. Kita tidak boleh puas dengan capaian saat ini, karena masih banyak peluang dan market yang dapat disasar. Kiranya output dan outcame dapat dinikmati masyarakat Sulawesi Utara," tutur Kandouw, Senin (8/3/2021).



Dia juga mengapresiasi kesungguhan para eksportir ikan yang telah mendukung pembukaan pasar baru untuk komoditas unggulan perikanan Sulawesi Utara, seperti ikan tuna dan komoditas lainnya. "Terobosan ekspor langsung ke Singapura ini bukan main-main, ibaratnya telah menabrak tembok untuk melewati sungai deras. Salut untuk para pejuang ekspor," ujarnya.

Sebelumnya, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Kasan mewakili Menteri Perdagangan mengatakan, ekspor langsung perikanan Sulawesi Utara ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi karena merupakan komponen ekonomi yang menjadi andalan di tengah pandemi COVID-19.

Ekspor Langsung Perikanan Manado-Singapura Diluncurkan, Jadi Solusi di Tengah Pandemi


"Ini langkah extra ordinary, karena untuk ekspor langsung bukan perkara mudah. Sehingga kolaborasi untuk ekspor Indonesia khususnya Sulawesi Utara, menjadi bagian penting di tengah pandemi. Ekspor yang eksis saat ini adalah perikanan dan pertanian. Kami akan terus memberikan kemudahan dalam transaksi ekspor," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3386 seconds (0.1#10.140)