Gali Potensi Desa, Kades dan Perangkat Desa Susuri Hutan dan Lembah

Minggu, 07 Maret 2021 - 10:57 WIB
loading...
Gali Potensi Desa, Kades dan Perangkat Desa Susuri Hutan dan Lembah
Kepala Desa Gunung Batu, Yusri bersama perangkat desanya, mencoba mengeksplorasi potensi keindahan alam desanya untuk tempat wisata. Foto/iNews TV/Teddy Hendrawan
A A A
OKU SELATAN - Upaya mengangkat potensi wisata desa , dilakukan Kepala Desa Gunung Batu, Yusri bersama perangkat desanya. Mereka menyusir hutan, bukit, dan lembah di wilayah Kecamatan Pulau Beringin, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi, DPRD Jatim Minta Pemerintah Gali Potensi Desa

Wilayah yang berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan, dengan Provinsi Lampung ini, menyimpan berbagai potensi keindahan alam . Salah satunya air terjun yang ada di Desa Gunung Batu, namun belum dikelola dengan optimal.



Yusri menyebutkan, dari hasil eksplorasi yang dilakukan, ditemukan tiga tempat air terjun yang belum dikelola secara maksimal. "Ada tiga air terjun yang bagus, yakni Curup Tinggi, Curup Air Berembun, Curup Sembilan Panggung," ungkapnya.

Baca juga: Blitar Gempar, Video Viral Diduga Wali Kota Asyik Joget Ditemani Wanita Seksi Tanpa Masker

Selain itu, saat melakukan penyusuran di wilayah hutan tersebut, juga ditemukan mata air yang keluar dari batu. Yusri mengaku, empat titik tersebut memiliki potensi wisata yang luar biasa, namun belum dikelola dengan maksimal.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, belum ada akses jalan yang memadahi. Pengunjung harus naik sepeda motor menyusuri jalan setapak yang sempt di tengah hutan, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Baca juga: Pasangan Pelajar SMP yang Gemparkan Buton Selatan Resmi Jalani Pernikahan Dini

Kondisi alamnya masih sangat asri, sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Pecinta wisata alam , pastinya akan tertantang untuk menuju obyek wisata di tengah hutan yang masih sangat alami tersebut.

Yusri mengaku, berbagai upaya untuk mengembangkan wisata alam itu telah dilakukan, namun hingga saat ini masih terkendala dengan keterbatasan pembiayaan. "Kami membutuhkan banyak dukungan, agar akses menuju tempat wisata ini bisa dibuka dengan baik," ungkapnya.

Baca juga: Mendarat Darurat di Sultan Thaha, Batik Air Berhasil Dievakuasi di Bawah Guyuran Gerimis

Dia berharap, dengan dibukanya akses wisata air terjun di Gunung Batu, tentunya akan menjadikan wilayah ini sebagai destinasi wisata, dan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat melalui destinasi wisata.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2024 seconds (11.252#12.26)