Lowongan Abdi Dalem Keraton, Selengkapnya di iNews Siang Kamis Pukul 11.00 WIB

loading...
Lowongan Abdi Dalem Keraton, Selengkapnya di iNews Siang Kamis Pukul 11.00 WIB
Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo melakukan penerimaan abdi dalem Keraton Yogyakarta secara terbuka. Penerimaan secara terbuka baru pertama kali dilakukan. Foto/MNC Media
JAKARTA - Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo melakukan penerimaan abdi dalem Keraton Yogyakarta secara terbuka. Penerimaan kali ini berbeda karena dilakukan secara terbuka yang baru pertama kali dilakukan.

Baca juga: Pesan Mendalam Sri Sultan HB X, Ubah Cara Berpikir dan Bertindak

Ketua panitia Penerimaan Abdi Dalem Kridhomardowo, MB Brongtyomadyo mengatakan, ada empat golongan abdi dalem yang akan dibuka sejak 1 Maret kemarin.

Baca juga: Di tengah Ganasnya COVID-19, Sri Sultan HB X Kembali Lakukan Sapa Aruh, Ada Apa?

Di antaranya Wiyaga (penabuh gamelan), Pasindhen (penembang atau penyanyi perempuan), Lebdaswara (penembang laki- laki), dan Musikan (korps musik yang memainkan alat musik barat di Keraton Yogyakarta). Menurutnya selama ini banyak masyarakat yang ingin menjadi abdi dalem tapi tidak tahu.



"Jadi saya bersama pengajeng atau pimpinan golongan wiyaga yaitu MW Susilomadyo dan teman-teman lain di Kridhomardowo membentuk tim, atas dhawuh KPH Notonegoro selaku penghageng, untuk membuka pendaftaran dan penerimaan secara terbuka. Kami ingin memberikan kesempatan kepada teman-teman di luar yang tertarik dan memang sungguh-sungguh berniat menjadi Abdi Dalem di Keraton Yogyakarta,” katanya

Apa saja syaratnya untuk melamar pekerjaan sebagai abdi dalem Kraton? Apa saja yang didapat dengan menjadi abdi dalem? Saksikan selengkapnya di iNews Siang hari ini.

Masih ingat Gilang "Fetish Jarik"? Perjalanan kasusnya mencapai titik akhir. Gilang yang terbukti melanggar pasal berlapis, dibungkus hukuman 5 tahun 6 bulan penjara.

Sementara harga cabe kian pedas, masyarakat kena imbas. Naik hingga 5 kali lipat, cabe kini menembus Rp 150.000 per kilonya. Apa penyebabnya?

Dipandu Bernadheta Daniar dan Davie Pratama, saksikan selengkapnya di iNews Siang mulai pukul 11.00 wib secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Anda yang memiliki mobilitas dan tidak sempat menyimak di depan layar kaca, dapat mengikuti program ini melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top