Kapal Pengangkut 20 Warga Ukraina Terbalik di Teluk Balikpapan

loading...
Kapal Pengangkut 20 Warga Ukraina Terbalik di Teluk Balikpapan
Sebanyak 20 warga Ukraina dievakuasi setelah terapung-apung akibat kapal motor cepat yang mereka tumpangi terbalik di perairan Teluk Balikpapan, Selasa (2/3/2021) malam. Foto/SINDOnews/Mukmin Azis
BALIKPAPAN - Sebanyak 20 warga negara asing ( WNA) asal Ukraina berhasil diselamatkan usai kapal motor cepat yang mereka tumpangi terbalik di perairan Teluk Balikpapan , Kalimantan Timur Selasa (2/3/2021) malam.

Baca juga: Imbas Kapal Israel Dihantam Ledakan, Iran Pantau Gerak-gerik Israel

Seluruh korban dilaporkan sempat terombang ambing menggunakan pelampung sebelum akhirnya diselamatkan kapal yang melintas.

Baca juga: Kapal Perusak AS Tiba di Sudan, Sehari setelah Kapal Fregat Rusia

Salah seorang motoris speedboat Syahril mengaku, dia bersama dua rekannya sesama motoris datang ke Kapal Eurydiki menjemput ABK yang akan turun ke darat karena ada keperluan. Dua kapal mengangkut ABK sementara satu unit kapal disewa mengangkut barang barang.

“Setelah saya jemput pakai speedboat, baru meninggalkan kapal sekira dua menit ada badai yang menghantam speed mereka hingga tenggelam,” aku Syahril, Rabu (3/3/2021).



Tim SARgabungan dari Basarnas Balikpapan dan TNI-Polri melakukan proses evakuasi 20 warga negara asing asal Ukraina yang mengalami kecelakaan laut di Teluk Balikpapan tersebut. Mereka dibawa ke Dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Satu persatu korban dipindahkan dari kapal menuju dermaga untuk selanjutnya dibawa menuju rumah sakit terdekat menggunakan ambulans.

“Berdasarkan informasi yang diterima Basarnas Kaltim sebanyak 23 orang terombang ambing di lautan menggunakan pelampung akibat speed boat yang ditumpangi mengalami kecelakaan dan terbalik di perairan Teluk Balikpapan,” kata Octavianto, Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Balikpapan.

Kecelakaan laut ini sendiri terjadi sekira pukul 22.24 wita tepatnya di Buoi Nol. Sebanyak 20 WNA Ukraina sementara 3 korban diketahui motoris kapal cepat. 12 orang korban berhasil diselamatkan dan berada di kapal MV Manalagiasa.

Sementara 11 korban lainnya yang berhasil diselamatkan dan berada di kapal TB Mulia 7 yang berdekatan dengan kapal MV Manalagiasa.



“Melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan, tim langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi terhadap seluruh korban,” terangnya.

"Diketahui seluruh korban merupakan anak buah kapal (abk) kapal Eurydiki," tambah dia.

Sebelum kecelakaan terjadi mereka rencananya menuju Balikpapan menggunakan kapal motor cepat sewaan guna melakukan swab PCR sebagai syarat menggunakan pesawat dari Balikpapan menuju Jakarta untuk kembali ke negara masing masing.

"Jadi ada 20 yang merupakan WNA mereka rencananya mau swab PCR untuk menggunakan pesawat dari Balikpapan menuju Jakarta untuk kembali ke negara masing masing, namun pukul 22.20 wita terjadi laka disekitaran buih nol, mereka menggunakan tiga speed, satu speed untuk barang dan dua speed boat ditumpangi kapal mereka terbalik,” pungkasnya.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top