Kapal Pengangkut 20 Warga Ukraina Terbalik di Teluk Balikpapan

Rabu, 03 Maret 2021 - 14:42 WIB
loading...
Kapal Pengangkut 20 Warga Ukraina Terbalik di Teluk Balikpapan
Sebanyak 20 warga Ukraina dievakuasi setelah terapung-apung akibat kapal motor cepat yang mereka tumpangi terbalik di perairan Teluk Balikpapan, Selasa (2/3/2021) malam. Foto/SINDOnews/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Sebanyak 20 warga negara asing ( WNA) asal Ukraina berhasil diselamatkan usai kapal motor cepat yang mereka tumpangi terbalik di perairan Teluk Balikpapan , Kalimantan Timur Selasa (2/3/2021) malam.



Seluruh korban dilaporkan sempat terombang ambing menggunakan pelampung sebelum akhirnya diselamatkan kapal yang melintas.


Salah seorang motoris speedboat Syahril mengaku, dia bersama dua rekannya sesama motoris datang ke Kapal Eurydiki menjemput ABK yang akan turun ke darat karena ada keperluan. Dua kapal mengangkut ABK sementara satu unit kapal disewa mengangkut barang barang.

“Setelah saya jemput pakai speedboat, baru meninggalkan kapal sekira dua menit ada badai yang menghantam speed mereka hingga tenggelam,” aku Syahril, Rabu (3/3/2021).

Tim SARgabungan dari Basarnas Balikpapan dan TNI-Polri melakukan proses evakuasi 20 warga negara asing asal Ukraina yang mengalami kecelakaan laut di Teluk Balikpapan tersebut. Mereka dibawa ke Dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Satu persatu korban dipindahkan dari kapal menuju dermaga untuk selanjutnya dibawa menuju rumah sakit terdekat menggunakan ambulans.

“Berdasarkan informasi yang diterima Basarnas Kaltim sebanyak 23 orang terombang ambing di lautan menggunakan pelampung akibat speed boat yang ditumpangi mengalami kecelakaan dan terbalik di perairan Teluk Balikpapan,” kata Octavianto, Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Balikpapan.

Kecelakaan laut ini sendiri terjadi sekira pukul 22.24 wita tepatnya di Buoi Nol. Sebanyak 20 WNA Ukraina sementara 3 korban diketahui motoris kapal cepat. 12 orang korban berhasil diselamatkan dan berada di kapal MV Manalagiasa.

Sementara 11 korban lainnya yang berhasil diselamatkan dan berada di kapal TB Mulia 7 yang berdekatan dengan kapal MV Manalagiasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3129 seconds (0.1#10.140)