Vaksinasi COVID-19 Tahap II, Kota Bandung Mulai Sasar Pedagang Pasar

loading...
Vaksinasi COVID-19 Tahap II, Kota Bandung Mulai Sasar Pedagang Pasar
Sejumlah pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung mulai menjalani vaksinasi COVID-19, Sabtu (27/2/2021). Foto/Ist
BANDUNG - Selain menyasar warga lanjut usia (lansia), Pemerintah Kota Bandung mulai melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap pedagang pasar tradisional dalam program vaksinasi COVID-19 tahap II.

Baca juga: Menkes Targetkan Vaksinasi Lansia Tuntas Juni Mendatang

Sedikitnya 200 pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung mulai menjalani vaksinasi COVID-19, Sabtu (27/2/2021). Mereka menjalani vaksinasi berdasarkan hasil pendataan pengurus pasar.

Baca juga: Vaksin Massal dan Sebar Pengetahuan lewat Digital Literacy Talks

Sebelum divaksin, ratusan pedagang itu pun menjalani pemeriksaan kesehatan dan sejumlah prosedur dibantu vaksinator dan sejumlah relawan.

"Vaksinasi untuk pedagang (tahap pertama) dipilih di Pasar Sederhana karena pedagangnya banyak, lumayan padat, jadi risikonya paling bagus untuk ditangani," kata Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara.





Meski mengklaim vaksinasi yang digelar di halaman Pasar Sederhana itu berjalan lancar, namun dia mengaku mendapati sejumlah dinamika dan tantangan yang dibandingkan vaksinasi tahap I bagi tenaga kesehatan.

Di antaranya keinginan mereka untuk segera disuntik karena tak ingin berlama-lama meninggalkan kiosnya hingga yang meminta pengunduran jadwal karena takut kehilangan konsumen.

"Tujuan utama mereka ke sini memang untuk berdagang. Itu saja tantangannya, mereka tidak bisa meninggalkan dagangannya, kiosnya. Seperti itu," kata Ahyani.

Proses vaksinasi tahap II dijadwalkan bisa rampung pada Juni 2021 mendatang beriringan dengan vaksinasi tenaga kesehatan yang belum menjalani vaksinasi.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri sudah menerima vaksin COVID-19 tahap II sebanyak 127.070 vial dengan ekuivalen 1 vial 9 dosis. Vaksin tersebut sudah didistribusikan ke sejumlah kabupaten/kota.



Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar, Marion Siagian menjelaskan, jumlah sasaran vaksinasi tahap II di Jabar sekitar 6,6 juta orang. Rinciannya, ada 4.403.984 lansia yang jadi target, sementara petugas publik 2.195.215 orang.

Vaksinasi tahap II menyasar tenaga kesehatan Kesehatan yang belum menjalani vaksinasi pelayan publik dan lansia hingga pedagang pasa menjadi sasaran utama. Setelah itu menyasar pelayan publik.

"Prioritas SDM kesehatan yang belum disuntik vaksin, lalu lansia, dan pelayan publik. Semua sasaran akan divaksin, namun menunggu giliran disesuaikan dengan ketersediaan vaksin," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah warga lansia di Kota Bandung mulai menjalani vaksinasi gelombang pertama bagi masyarakat umum di RS AL Islam, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kumat (26/2/2021). Sebanyak 300.000 lansia di Kota Bandung tercatat perlu mendapatkan vaksinasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani mengungkapkan, pada kesempatan pertama, belum semua lansia mendapatkan jadwal vaksinasi.

"Untuk yang bulan pertama ini kita diberikan 120 ribu lansia. Lansia yang hari ini melakukan vaksinasi merupakan lansia yang ter-screening faktor risiko kesehatannya," ujar Rosye.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top