Vaksinasi COVID-19 Tahap II, Kota Bandung Mulai Sasar Pedagang Pasar

Sabtu, 27 Februari 2021 - 17:45 WIB
loading...
Vaksinasi COVID-19 Tahap II, Kota Bandung Mulai Sasar Pedagang Pasar
Sejumlah pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung mulai menjalani vaksinasi COVID-19, Sabtu (27/2/2021). Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Selain menyasar warga lanjut usia (lansia), Pemerintah Kota Bandung mulai melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap pedagang pasar tradisional dalam program vaksinasi COVID-19 tahap II.


Sedikitnya 200 pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung mulai menjalani vaksinasi COVID-19, Sabtu (27/2/2021). Mereka menjalani vaksinasi berdasarkan hasil pendataan pengurus pasar.


Sebelum divaksin, ratusan pedagang itu pun menjalani pemeriksaan kesehatan dan sejumlah prosedur dibantu vaksinator dan sejumlah relawan.

"Vaksinasi untuk pedagang (tahap pertama) dipilih di Pasar Sederhana karena pedagangnya banyak, lumayan padat, jadi risikonya paling bagus untuk ditangani," kata Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara.



Meski mengklaim vaksinasi yang digelar di halaman Pasar Sederhana itu berjalan lancar, namun dia mengaku mendapati sejumlah dinamika dan tantangan yang dibandingkan vaksinasi tahap I bagi tenaga kesehatan.

Di antaranya keinginan mereka untuk segera disuntik karena tak ingin berlama-lama meninggalkan kiosnya hingga yang meminta pengunduran jadwal karena takut kehilangan konsumen.

"Tujuan utama mereka ke sini memang untuk berdagang. Itu saja tantangannya, mereka tidak bisa meninggalkan dagangannya, kiosnya. Seperti itu," kata Ahyani.

Proses vaksinasi tahap II dijadwalkan bisa rampung pada Juni 2021 mendatang beriringan dengan vaksinasi tenaga kesehatan yang belum menjalani vaksinasi.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri sudah menerima vaksin COVID-19 tahap II sebanyak 127.070 vial dengan ekuivalen 1 vial 9 dosis. Vaksin tersebut sudah didistribusikan ke sejumlah kabupaten/kota.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)