Pelantikan 17 Kepala Daerah di Jawa Timur Digelar 26 Februari

Rabu, 24 Februari 2021 - 19:14 WIB
loading...
Pelantikan 17 Kepala Daerah di Jawa Timur Digelar 26 Februari
ilustrasi
A A A
SURABAYA - Pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah dipastikan akan dilaksanakan pada hari Jumat (26/2/2021). Nantinya, pelantikan hanya dihadiri kepala daerah dan wakil kepala daerah beserta istri. Sedangkan undangan lainnya bisa menghadiri secara virtual dari daerah masing-masing,

“Tadi pukul 10.00 WIB kita sudah mengikuti rapat koordinasi secara virtual dengan Dirjen Otonomi Daerah dengan menghadirkan Sekda dari semua daerah atau provinsi yang melakukan pilkada. Pelantikan akan digelar pada hari Jumat (26/2/2021),” kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim, Jempin Marbun saat melakukan gladi bersih di Gedung Negara Grahadi Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Tunggu Putusan MK, Pelantikan Kepala Daerah di Jatim Tertunda

Jempin menuturkan bahwa pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada 2020 teknis pelaksanaannya mengikuti protokol kesehatan secara hybrid.

“Artinya kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan dilantik nantinya dari Kemendagri diberikan toleransi untuk dilantik di ibukota provinsi dalam hal ini di Jatim di Gedung Grahadi,” ujar mantan Kepala Biro Hukum Pemprov Jatim ini.

Dia menambahkan, pelantikan nanti dilakukan tiga sesi. Sesi pertama pukul 09.00 WIB sampai selesai. Sesi pertama ini diikuti enam daerah. Sesi kedua pukul 13.00 juga diikuti enam daerah dan sesi ketiga pukul 16.00, diikuti lima daerah. Semuanya pada hari Jumat 26 Februari 2021,” papar Jempin.

Baca juga: Vaksinasi Tahap Dua di Blitar Dimulai, 7 Anak Positif COVID-19

Jempin juga mengatakan bahwa prosesi pelantikan ini merupaka momen yang sangat sakral. Karena itu memang diharapkan oleh kepala daerah terpilih untuk dilantik secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. "Pemerintah menghendaki bahwa pelantikan nanti tidak menjadi klaster baru COVID-19. Makanya satu ruangan pelantikan nanti jumlah yang hadir dibatasi yakni maksimal 25 orang,” pungkasnya.

Diketahui, 17 kepala daerah yang dilantik diantaranya, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Gresik, Jember, Kabupaten Kediri, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Lamongan, Malang, Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep dan Trenggalek.

Sedangkan Pacitan dan Tuban masih menunggu masa jabatan kepala daerahnya berakhir. Diketahui, masa jabatan Bupati Pacitan Indartato, akan berkahir pada tanggal 4 April 2021. Sedangkan masa jabatan Bupati Tuban Fathul Huda adalah tanggal 20 Juni 2021.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)