Buka Konferensi Internasional IKA Unpad, Jokowi: 2021 Momentum untuk Bangkit

Rabu, 24 Februari 2021 - 01:35 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Rektor Unpad, Prof Dr Rina Indiastuti yang hadir secara langsung dalam konferensi yang digelar di Hotel Pullman, Kota Bandung itu mengatakan bahwa kolaborasi dan kerja sama merupakan kunci dalam menangani pandemi COVID-19.

Merujuk pada pesan yang disampaikan Preaiden Jokowi, Rina menilai bahwa konferensi internasional yang digelar IKA Unpad ini merupakan salah satu upaya kolaborasi untuk melahirkan solusi bersama dalam menghadapi sekaligus mengatasi pandemi COVID-19. "Alumni Unpad ini kan banyak sekali. Lewat konferensi ini, mereka diharapkan bisa berkolaborasi untuk mengeksplorasi gagasan-gagasan tepat dalam mengatasi pandemi," ujarnya.

Rina juga mengatakan, konferensi internasional ini pun menjadi salah satu ikhtiar para alumni Unpad untuk kembali bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19. "Kita harus sama-sama berikhtiar, tetap produktif. Masyarakat, termasuk para alumni Unpad bersama pemerintah harus me-reborn kegiatan ekonomi, memprospek kembali sosial budaya, agar dapat kembali bangkit," katanya.

Diketahui, IKA Unpad menggelar konferensi internasional yang dihadiri puluhan perwakilan negara di dunia untuk menghadirkan formulasi yang efektif dalam mengatasi pandemi COVID-19. Mengusung tema "Tackling The COVID-19 Pandemic: Health, Economics, Diplomacy, And Social Perspectives", konferensi tersebut digelar berkat kerja sama IKA Unpad, Unpad, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), serta Islamic Chamber of Commerce, Industry, and Agriculture (ICCIA)

Konferensi yang digelar di Hotel Pullman, Kota Bandung hingga Kamis (25/2/2021) mendatang itu akan menghadirkan sejumlah pembicara dari dalam dan luar negeri. "Konferensi ini diikuti oleh anggota ICCIA yang merupakan Kadin dari negara-negara OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) yang beranggotakan 57 negara. Selain dihadiri 57 perwakilan ICCIA, konferensi ini pun dihadiri oleh perwakilan negara-negara di Asia Timur dan Asia Pasifik," ujar Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan.

Konferensi internasional ini, lanjut Irawati, merupakan salah satu upaya IKA Unpad untuk membantu menangani pandemi COVID-19 yang telah melanda dunia, termasuk Indonesia dari berbagai perspektif, mulai aspek kesehatan, ekonomi, hingga perspektif sosial.

"Kolaborasi semua pihak dibutuhkan untuk mengatasi pandemi. Oleh karena itu, IKA Unpad terus berupaya menyatukan persepsi semua pihak. Diharapkan, melalui diskusi yang intensif, kita bisa merekomendasikan rekomendasi dan solusi yang efektif dan dapat diimplementasikan di tataran nasional maupun internasional," jelas perempuan yang akrab disapa Teh Ira itu.

Selain dibuka dan ditutup oleh Preaiden dan Wakil Presiden RI, konferensi juga menghadirkan sejumlah pembicara secara virtual, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto; Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi; Menteri Kesehatan RI, Budi Gunawan Sadikin; dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Selain itu, sejumlah pembicara dari luar negeri di antaranya, Menteri Kesehatan Kerjaan Arab Saudi, Taufiq Al Rabiah, Chairman of ICCIA, HE Abdullah Saleh Kamel. Tak lupa, konferensi juga menghadirkan Rektor Unpad, Prof Dr Rina Indiastuti dan Ketua Kadin, Rosan Roeslani.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4151 seconds (0.1#10.140)