Maung Pindad Seharga Rp600 Juta Jadi Mobil Operasional Bupati Gunungkidul

loading...
Maung Pindad Seharga Rp600 Juta Jadi Mobil Operasional Bupati Gunungkidul
Bupati Gunungkidul terpilih, Sunaryanta bakal dilantik pada Jumat, 26 Februari 2021. Pensiunan TNI AD ini sudah memilih kendaraan operasional Maung Pindad. Foto/SINDOnews/Suharjono
GUNUNGKIDUL - Bupati Gunungkidul terpilih, Sunaryanta bakal dilantik pada Jumat, 26 Februari 2021. Pensiunan TNI AD ini sudah menyiapkan kendaraan operasional untuk dipakai ke lapangan ketika menjabat.

Baca juga: Bakal Dibuat Versi Sipil, Maung Pindad Dijual Rp600 Jutaan

Mantan ajudan pribadi Jenderal Purn Ryamizard Ryacudu ini memilih kendaraan taktis Maung Pindad yang diproduksi Pindad, Bandung. Untuk membeli mobil taktis militer ini, Sunaryanta pun mengeluarkan uang pribadinya.

Baca juga: Maung Mobil Taktis yang Dilengkapi Konsol SS2-V4 dan Perangkat GPS



Mobil senilai Rp600 juta inipun direncanakan minggu depan sudah bisa mengaspal di Gunungkidul untuk digunakan bupati berpangkat terakhir Mayor tersebut. "Ini merupakan apresiasi kita terhadap produk anak bangsa, karena ini buatan indonesia," ungkap Sunaryanta, Selasa (23/2/2021).

Maung Pindad Seharga Rp600 Juta Jadi Mobil Operasional Bupati Gunungkidul

Bupati Gunungkidul terpiih, Sunaryanta (kiri) saat mengunjungi PT Pindad, Bandung. Foto/SINDOnews/Suharjono

Dia menjelaskan, selain bentuk apresiasi atas karya anak bangsa, mobil Maung Pindad ini sesuai dengan karakter geografis di Gunungkidul. Kontur tanah dan bebatuan dan banyak tanjakan serta jalan di pedalaman yang sulit dilalui kendaran biasa menjadikan Maung Pindad dipilih sebagai kendaraan operasional yang sesuai.



"Saat kampanye memang sering ada jalan yang sulit dilalui. Nah dengan Maung Pindad ini sangat cocok," katanya.

Sunaryanta mengaku bahwa dia memiliki komitmen untuk tidak mengganggu struktur APBD Gunungkidul. Menurutnya APBD Gunungkidul masih kecil sehinggga tidak perlu diganggu untuk kegiatan besar. "Makanya saya gunakan uang pribadi (untuk membeli Maung Pindad ). Ke depan kita juga berusaha meningkatkan pendapatan dengan anggaran anggaran dari luar APBD saat ini," tandas anak petani asal Kwarasan Wetan, Kedung Keris, Nglipar ini.

Sunaryanto mengikuti jejak Bupati Jember terpilih, Hendy Siswanto yang juga memilih menggunakan Maung Pindad.

Maung Pindad ini menurut informasi yang dirilis PT Pindad menggunakan mesin berkapasitas 2496 CC dengan enam cilinder DOHC 4x4. Dapur pacu menggunakan mesin Toyota Hilux. Namun masih tidak menutup kemungkinan, ada 10 produsen mesin yang akan dilirik untuk dapur pacu kendaraan taktis yang dibuat versi sipil ini.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top