Hindari Mental Block, Pendiri Startup Diimbau Jangan Hanya Fokus Cari Investor

loading...
Hindari Mental Block, Pendiri Startup Diimbau Jangan Hanya Fokus Cari Investor
Ilustrasi/SINDOnews/Dok
SURABAYA - Pelaku startup harus bisa fokus dalam menata laju bisnis sejak awal. Biasanya mereka hanya terfokus pada investasi di masa awal pendirian. Padahal, langkah itu dapat mengakibatkan mereka mengalami mental block.

Ketua Bidang Inkubator Bisnis dan Teknologi Universitas Airlangga Dr. Achsania Hendratmi menuturkan, sejarah startup di Silicon Valley banyak yang menggunakan modal sendiri terlebih dulu atau dengan meminjam dana dari pihak lain seperti keluarga dan teman.

Pada awal menjalankan bisnis para pendiri startup tersebut tidak tergantung dari hadirnya investor. Mereka fokus pada bagaimana produk mereka sesuai dengan target pasar dan diakuisi serta mendapatkan revenue.

“Barulah, start up yang sudah siap diakselerasi atau scaling up untuk menjadi lebih besar membutuhkan investor atau venture capital,” kata Achsania, Minggu (21/2/2021).



Ia melanjutkan, opini bahwa pada tahap awal pendirian start up membutuhkan investor atau pihak yang menanamkan modal dikhawatirkan membut bisnis tersebut tidak segera dimulai. Adanya anggapan yang menganggap akan sulit mendirikan dan menjalankan usaha karena tidak memiliki modal adalah opini yang tidak benar.

Jika start up memang sudah siap untuk diakselerasi dan membutuhkan dana investor, maka tim startup khususnya CEO perlu untuk belajar dari pengalaman dan belajar dari berbagai pihak yang sudah berpengalaman.

Terdapat beberapa cara bagaimana mendapatkan investor. Salah satunya menghadiri business matching, mengikuti berbagai event hackathon, persentasi pitching di depan investor atau venture capital.



Berbagi pengalaman selama mendapingi start up mahasiswa, Achsania merasa bahwa selama ini ada banyak mahasiswa yang memiliki ide bisnis kemudian mengikuti berbagai skema hibah.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top