Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di DIY Bakal Digelar Massal

loading...
Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di DIY Bakal Digelar Massal
ilustrasi
YOGYAKARTA - Kementerian Kesehatan memastikan pemberian vaksin tahap kedua bagi warga di DIY bakal diberikan pada 1 Maret mendatang. Pemberian vaksin ini bakal dilakukan secara masal dengan mengambil tiga lokasi di kota Yogyakarta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menemui Gubenur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kraton Kilen dan langsung meninjau lokasi untuk pemberian vaksin masal tersebut.

Sebanyak 19.897 jiwa menjadi target vaksinasi. Jumlah tersebut terdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro.

Baca juga: Imbas Banjir Jakarta Ganggu Layanan Layanan Kereta Api Jarak Jauh



"Dalam kunjungan ini, saya mau minta izin karena beliau (Sri Sultan HB X) kan tuan rumahnya, karena rencana 1 Maret mendatang, kami akan mengadakan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Beringharjo. Semoga agendanya dapat berjalan lancar,” terangnya kepada wartawan di Yogyakarta, Minggu (21/2/2021).

Dijelaskan, pedagang pasar adalah pihak yang cukup rentan terpapar COVID-19. Hal ini kerena para pedagang sering berinteraksi dengan banyak orang. “Kita lihat kalau mereka kan ketemu dengan langganannya, ketemu banyak orang, oleh karena itu kita akan vaksinasi mereka,” ulasnya.

Baca juga: Tragis! Pasang Antena Wifi, Sekeluarga di Tana Toraja Tewas Kesetrum



Budi melanjutkan, program vaksinasi COVID-19 DIY tahap pertama telah selesai dilaksanakan. Tenaga kesehatan di DIY hampir semuanya sudah divaksinasi. Meski demikian dia mengakui masih ada beberapa yang perlu diberikan vaksin tambahan. Hal tersebut sudah didata dan akan diberikan dalam waktu dekat. "Selain itu, vaksinasi untuk lansia DIY yang berjumlah sekitar 15% akan diprioritaskan,” kata Budi.

Dia juga mengapresiasi kesiapan DIY dalam penyelenggaraan program vaksinasi tahap kedua ini. Sesuai kriteria Kementerian Kesehatan RI, kelompok tahapan kedua penerima vaksinasi COVID-19 selain lansia dan pedagang pasar adalah petugas pelayanan publik seperti tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, petugas transportasi, atlet, wartawan, dan pekerja sektor pariwisata.

Untuk pemberian vaksinasi massal ini, tiga lokasi telah disiapkan diantaranya adalah pasar Beringharjo, kawasan Benteng Vrederburg, serta Taman Parkir Abu Bakar Ali.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menjelaskan, pemberian vaksin untuk pedagang di Pasar Beringharjo sendiri dilakukan secara menyeluruh. Vaksinasi akan diberikan kepada seluruh pedagang pasar tanpa terkecuali, termasuk pedagang keliling, pedagang los, buruh, dan pedagang kaki lima. “Pelaksanaannya akan digelar kurang lebih sekitar empat hingga lima hari, semua warga pasar Beringharjo akan divaksin ” tandasnya
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top