1,4 Juta Dosis Vaksin Gelombang II Segera Tiba, Ini Skenarionya Menurut Ganjar

loading...
1,4 Juta Dosis Vaksin Gelombang II Segera Tiba, Ini Skenarionya Menurut Ganjar
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat meninjau persiapan penerimaan vaksin gelombang II di Gudang Dinkes Provinsi Jateng, Ngaliyan, Semarang, Minggu (21/2/2021). Foto/iNews/Ahmad Antoni
SEMARANG - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyiapkan skenario untuk menyambut kedatangan vaksin gelombang II yang dijadwalkan datang Minggu (21/2/2021) hari ini. Untuk gelombang II, Jateng menerima 140.030 vial atau sekitar 1.400.000 dosis vaksin .

Baca juga: Ingin Divaksin COVID-19, Dua Wanita Muda Nekat Nyamar Jadi Nenek-nenek

"Jadi sampai dengan kemarin kita sudah mendapatkan informasi akan datang vaksin untuk pelayan publik sama kelompok lansia," kata Ganjar saat meninjau persiapan penerimaan vaksin gelombang II di Gudang Dinkes Provinsi Jateng, Jalan Tambak Aji, Ngaliyan, Semarang, Minggu (21/2/2021).





Dari informasi Dinkes Jateng, vaksin gelombang II untuk Jateng sudah berangkat dari Jakarta, sekitar pukul 05.00 WIB dengan estimasi perjalanan selama delapan jam. Diperkirakan akan tiba di gudang Dinkes Jateng, pada siang ini.

"Kita dapat 140.030 vial, nah sekarang satu vial itu isinya 10. Berarti ini sekitar 1.400.000 an, nanti kita sambut ini teman-teman dari Dinkes sedang persiapan nanti seluruh vaksin di sini," katanya. Baca juga: Ketua Umum Granat, Henry Yosodiningrat: Jangan Ada Lagi Polisi Terjerat Narkoba

Ia mengatakan, ada beberapa skenario yang disiapkan untuk distribusi vaksin gelombang II ini. Selain untuk pelayan publik dan lansia, vaksin juga akan diberikan untuk kelompok masyarakat seperti pasar. Hal ini, seperti yang sebelumnya dilakukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta.



"Nanti kita akan coba beberapa kelompok masyarakat seperti pasar. Seperti kemarin pak Presiden melihat di Tanah Abang Jakarta, kita akan coba di Solo. Sehingga nanti harapannya akan lebih banyak (sasarannya)," ujarnya. Baca juga: Forkas Jatim Kirim 350 Paket Sembako untuk Bantu Korban Longsor Nganjuk

Selain persiapan menyambut kedatangan vaksin , Ganjar mengatakan pihaknya juga sedang menyiapkan titik pelaksanaan vaksin untuk pelayan publik. Harapannya, dengan titik-titik yang disiapkan tersebut proses vaksinasi pada pelayan publik yang jumlahnya ribuan akan berlangsung cepat.

"Jadi target kita cepat. Harusnya tidak sulit karena datanya sudah ada, lokasinya sedang disiapkan, nanti tinggal kapasitas yang ada kita mau itu dioptimalkan, maka ini soal cerita mekanisme menyusun," kata dia. Baca juga: Pagi Ini Banjir di Karawang Makin Meluas, 8.539 Rumah Terendam Ribuan Orang Mengungsi

Selain Solo, lanjut Ganjar, Kota Semarang juga dipilih untuk pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok masyarakat pasar. Pertimbangannya, adalah pusat keramaian dan kegiatan ekonomi. Di sisi lain, usulan pasar ini juga sudah lama disiapkan. Yakni saat dirinya dipanggil dalam rapat bersama lima gubernur lain dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top