Jalan Provinsi Sepanjang 7 Km Rusak, Pemda KBB Tak Bisa Berbuat Banyak

Sabtu, 20 Februari 2021 - 21:04 WIB
loading...
Jalan Provinsi Sepanjang 7 Km Rusak, Pemda KBB Tak Bisa Berbuat Banyak
Jalan milik provinsi penghubung Kecamatan Cikalongwetan dan Cipeundeuy, di KBB, yang kondisinya rusak akibat banyak dilalui oleh truk-truk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Jalan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kondisinya rusak. Pemda KBB tidak bisa berbuat banyak karena jalan yang menghubungkan Kecamatan Cikalongwetan dan Cipeundeuy tersebut statusnya jalan provinsi.

Kepala Desa Cikalong, Agun Gumilar membenarkan jika jalan penghubung dua kecamatan sepanjang 7 km yang rusak itu statusnya jalan provinsi. Kerusakan salah satunya karena jalan itu digunakan sebagai lintasan truk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB).

"Adanya truk proyek kereta cepat yang lewat jalan ini membuat kerusakan semakin parah. Total panjang jalannya 7 km, menghubungkan Kecamatan Cikalongwetan dan Cipeundeuy," sebutnya, Sabtu (20/2/2021).

Dijelaskannya, kerusakan yang terjadi bervariasi. Mulai dari rusak ringan, sedang, hingga berat, dimana aspalnya mengelupas dan terbentuk lubang besar. Kondisi itu membuat banyak pengendara yang tidak tahu medan 'tertipu' khususnya di musim penghujan.

Banyak pengendara motor yang terjerembat ke lubang yang tertutup air hingga terjatuh. "Warga sudah kesal melihat kerusakan jalan itu. Pernah datang ke Bupati Aa Umbara, tapi dia bilang status jalannya punya provinsi jadi Pemda KBB tidak memiliki kewenangan memperbaikinya," kata dia.

Pihaknya juga sudah meminta pihak KCIC bertanggung jawab atas rusaknya jalur utama lalu lintas warga. Karena KCIC berkontribusi terhadap kerusakan yang ditimbulkan, mengingat setiap harinya banyak truk proyek kereta cepat yang hilir mudik melintas. Pernah didatangkan dua mesin molen adukan semen untuk menambal jalan, tapi itu tidak maksimal karena jalan kembali rusak lagi. Baca juga: PPKM Mikro, Dinkes Bandung Barat Belum Pegang Data Zonasi Kasus COVID-19

"Beberapa waktu lalu sempat anggota DPRD Jabar datang mengontrol kerusakan jalan, tapi belum ada kabar lagi. Saya meminta Pemprov Jabar maupun KCIC segera turun tangan memperbaiki jalan, kalau tidak khawatirnya akan semakin banyak pengendara motor yang jatuhan," tuturnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)