Nucleaus Farma Kembangkan Obat Antikanker Alami

Kamis, 18 Februari 2021 - 14:18 WIB
loading...
Nucleaus Farma Kembangkan Obat Antikanker Alami
Nucleaus Farma Kembangkan Obat Antikanker Alami. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Setelah sukses dengan Onogate™, kini Nucleus Farma (PT Natura Nuswantara Nirmala) mengembangkan riset Sticophus variegatus dengan target sebagai obat anti kanker alami. Ekstraksi Sticophus variegatus ini diproduksi menggunakan Biotechnology LTLP (Low Temperature and Low Pressure)..

Nucleus Farma menjadi perusahaan pertama di Asia Tenggara yang bisa menghasilkan produk serbuk berkualitas dari ekstraksi LTLP sehingga bisa mempertahankan zat aktif alami dari Sticophus variegatus. (Baca juga: Atasi Covid-19, Nucleus Farma Beri Bantuan ke RS Darurat Wisma Atlet )

Produk tersebut yang digadang-gadang akan dapat menggantikan cairan jelly gamat yang diproses dengan suhu tinggi. Zat aktif alami dari Sticophus variegatus sangat rentan terhadap suhu dan proses kimia. Sehingga proses yang dilakukan oleh Nucleus Farma merupakan bagian dari biotechnology process yang dikembangkan secara serius dan sudah dipatenkan. (Baca juga: Senyawa Baru Antikanker dan Antimalaria Ditemukan, Ternyata dari Tumbuhan di Indonesia Timur )

Pada pengembangan ini Nucleus Farma bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kimia LIPI-Puspiptek, akademisi dan praktisi untuk menemukan senyawa aktif sebagai antikanker. Saat ini kanker menjadi penyebab kematian ketiga terbanyak di Indonesia setelah jantung dan stroke. karena itu, Nucleus Farma mengembangkan obat kanker berbahan dasar alami.

Nucleus Farma pada Rabu (17/2/2021) memberikan informasi hasil penelitian analisis senyawa aktif dalam ekstrak Sticophus variegatus. Acara ini dihadiri CEO Nucleus Farma Edward Basilianus, Direktur Nucleus Farma Henryanto Komala, Komisaris Nucleus Farma Cipto Kokadir, Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Pancasila Prof Dr apt Syamsudin M Biomed dan dokter ahli kanker dan onkologi dr Manuel Hutapea Sp.OG (K) Onk serta dipandu apt Greesty F Swandiny M Farm.

“Nucleus Farma selalu mendukung dan aktif dalam pengembangan produk Indonesia Natural Medicine (INAMED), serta terbuka untuk bekerja sama dengan pihak akademisi, pemerintah dan praktisi,” kata CEO Nucleaus Farma Edwar Basilianus saat membuka acara, Rabu (17/2/2021).

Salah satu upaya agar meningkatkan produk INAMED yang aman, berkhasiat dan bermutu. Oleh karena itu, dengan terjalinnya kerjasama ini diharapkan dapat berlanjut. Sehingga produk Nucleus Farma dapat berkontribusi lebih kepada masyarakat”.

CEO Nucleus Farma mengatakan, suatu terobosan yang luar biasa sesuai moto Nucleus Farma yakni membantu menyehatkan bangsa. “Kami berharap produk-produk Nucleus Farma dapat dimanfaatkan oleh pasien kanker baik untuk penyembuhan maupun pencegahan,” kata dia.

Dia menjelaskan, Onogate™ adalah obat berbahan dasar alami, maka aman dikonsumsi setiap hari seperti jelly gamat. Dengan adanya Onogate™. “Kami berharap bisa menjadi solusi terapi dan pencegahan serta dapat membantu masyarakat Indonesia menjadi pilihan pengobatan alami menggunakan INAMED. Nucleus Farma akan terus melakukan pengujian ke tahapan proses selanjutnya,” kata dia.

Direktur Nucleus Farma, Henryanto Komala, mengatakan, Nucleus Farma adalah Bio-tech company yang memfokuskan diri menemukan produk-produk inovatif natural, menjadi perusahaan natural pharmaceutical pertama yang mendapatkan FDA registered facility di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)