Jabar Gelar Vaksinasi COVID-19 Kedua untuk Pelayan Publik dan Lansia

Jum'at, 19 Februari 2021 - 18:43 WIB
loading...
Jabar Gelar  Vaksinasi COVID-19 Kedua untuk Pelayan Publik dan Lansia
ilustrasi
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat melakukan berbagai persiapan menjelang pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap dua dengan sasaran sasaran pelayan publik dan lansia.

Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar, Marion Siagian menyatakan, salah satu persiapan yang dilakukan, yakni memperkuat sumber daya manusia (SDM) dengan menyiapkan 11.000 tenaga vaksinator.

"Jumlah tersebut akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan saat vaksinasi berlangsung," kata Marion dalam keterangannya, Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Disperindag KKB Ajukan 7.563 Pedagang Pasar Tradisional dan Modern Divaksin COVID-19

Selain penguatan SDM, data sasaran vaksinasi tahap II terus disiapkan. Pendataan sasaran melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten/kota. Semua perangkat daerah, instansi, dan lembaga, pun diminta mendaftarkan anggotanya.

Marion menuturkan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) jabupaten/kota juga sedang menyiapkan tempat penyimpanan vaksinasi untuk distribusi vaksin COVID-19 tahap II.

"Metode pelayanan vaksinasi juga sedang disiapkan, baik itu di fasyankes, instansi masing-masing yang memiliki fasyankes atau pos kesehatan, vaksinasi massal, ataupun mobile vaksinasi," paparnya.

Baca juga: Mulai Bulan Ini, PNS Bandung Bakal Gunakan Motor Listrik

Adapun jumlah sasaran vaksinasi tahap II di Jabar, kata Marion, mencapai 6.558.526 orang. Angka tersebut sudah termasuk kelompok lansia. Vaksinasi tahap II sendiri akan dilakukan serentak di 27 kabupaten/kota.

"Hingga saat ini, kami belum mendapatkan angka yang pasti dari pemerintah pusat terkait alokasi vaksin COVID-19 per kabupaten/kota," ujar Marion.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0036 seconds (0.1#10.140)