Cluster Baru COVID19 di Waru Sidoarjo Penyebarannya Diduga karena Undangan Hajatan

Minggu, 17 Mei 2020 - 07:24 WIB
loading...
Cluster Baru COVID19 di Waru Sidoarjo Penyebarannya Diduga karena Undangan Hajatan
Gugus Depan Penanganan COVID-19 Sidoarjo menemukan cluster baru penyebaran COVID-19 di Desa Waru, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. Foto iNews TV/Pramono P
A A A
SIDOARJO - Seiring terus meningkatnya warga yang terpapar virus COVID-19 di Sidoarjo, Gugus Depan Penanganan COVID-19 Sidoarjo menemukan cluster baru penyebaran COVID-19 di Desa Waru, Kecamatan Waru, Sidoarjo , Jawa Timur.

Dari sekitar 200 orang warga yang berada dalam wilayah 3 RT, 36 orang terpapar COVID-19 dan dua orang meninggal dunia. (Baca: Tiga Warga Pangandaran Terindikasi Reaktif Hasil Rapid Test Covid-19)

Dari hasil pemantauan yang dilakukan Slamet Purwadi perangkat Desa Waru diduga penyebaran virus COVID-19 di cluster yang dijuluki cluster superman ini terjadi bermula ketika ada salah satu warga mengadakan acara hajatan di rumah dengan mengundang sejumlah warga setempat. "Beberapa hari kemudian diketahui jika sejumlah warga yang datang dalam hajatan itu terpapar COVID-19," kata dia.

Sementara terkait kondisi ini Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengatakan, pihaknya kini melakukan pengawasan khusus terhadap aktifitas warga di Cluster Superman Waru,Sidoarjo tersebut. “Dalam waktu dekat menurut rencana akan dilakukan rapid test massal untuk seluruh warga yang tinggal di lingkungan cluster superman itu,” kata Kapolresta.

Berdasarkan pengamatan dari 36 orang warga yang terpapar virus COVID-19 di dalam Cluster Superman di Waru-Sidoarjo ini 15 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan 15 orang lainnya berstatus PDP saat ini sedang menjalani perawatan medis di sejumlah rumah sakit rujukan di Sidoarjo. Sementara enam orang lainnya yang berstatus ODP kini sedang melakukan diisolasi mandiri di rumahnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)