Asisten Administrasi Pemprov Sulsel Raih Gelar Doktor Sosiologi Unhas

Selasa, 16 Februari 2021 - 16:11 WIB
loading...
Asisten Administrasi Pemprov Sulsel Raih Gelar Doktor Sosiologi Unhas
Asisten Administrasi Pemprov Sulsel, Tautoto Tana Ranggina berhasil meraih gelar doktor sosiologi Unhas. Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) , Tautoto Tana Ranggina Sarongallo resmi menyandang gelar Doktor Sosiologi dari Universitas Hasanuddin (Unhas) .

Ia dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude setelah mempresentasikan disertasinya di aula Prof Syukur Abdullah, Fisip Unhas , Selasa (16/2/2021).



Adapun judul penelitiannya yakni Modal Sosial Pada Pelayanan Pajak (Studi Kasus Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan).

Tautoto Tana Ranggina dibimbing oleh promotor Prof Dr Tahir Kasnawi, kopromotor 1 Drs Hasbi, dan kopromotor 2 Dr Sakaria. Sidang promosi doktor ini dipimpin langsung oleh Dekan Fisip Unhas Prof Armin Arsyad.

Dalam pemaparannya, penelitian tersebut bertujuan untuk menggambarkan strategi pengelolaan modal sosial dalam peningkatan ketaatan wajib pajak kendaraan bermotor di Sulsel.

Selain itu juga menggambarkan strategi pengelolaan modal sosial terhadap pengembangan kebijakan perpajakan kendaraan bermotor di Sulsel. Juga menggambarkan integritas modal sosial untuk meningkatkan ketaatan wajib pajak kendaraan bermotor di Sulsel.

Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian naturalistik. Penelitian berlangsung selama delapan bulan di UPT Bapenda Sulsel yang meliputi UPT Pendapatan Wilayah Makassar 1, Gowa, Bantaeng, Pangkep dan Sidrap.

Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa strategi wajib pajak kendaraan bermotor yang membayar pajak tepat waktu menempatkan modal sosial sebagai strategi penghindaran sanksi pajak dan menjadikan pembayaran sebagai prioritas utama.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3601 seconds (0.1#10.140)