Sembuh dari COVID-19, Bupati KBB Aa Umbara Siap Donorkan Plasma Darah dan Divaksinasi

Senin, 15 Februari 2021 - 17:07 WIB
loading...
Sembuh dari COVID-19, Bupati KBB Aa Umbara Siap Donorkan Plasma Darah dan Divaksinasi
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Usai sembuh dari COVID-19 , Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyatakan siap untuk mendonorkan plasma darahnya.

Hal itu sebagai upaya untuk segera memutus mata rantai penyebaran COVID-19 mengingat dirinya merupakan penyintas COVID-19. "Saya siap untuk donor plasma konvalesen. Diharapkan itu bisa membantu penyembuhan pasien yang sedang positif dan memutus penyebaran COVID-19," ucapnya di Lembang, Senin (15/2/2021).

Orang nomor satu di KBB ini, mengaku tidak keberatan kalau diminta dan ada pasien yang sama golongan darah dengan dirinya. Menurutnya, terapi plasma darah konvalesen diyakini merupakan salah satu cara untuk mengobati mereka yang terpapar COVID-19 selain dengan cara vaksinasi.

Baca juga: PPKM Dinilai Efektif, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Minta Posko COVID-19 Dibuat Setiap RW

Lebih lanjut, dirinya juga mengaku siap untuk divaksinasi COVID-19, meskipun dirinya merupakan penyintas. Sejauh ini dirinya memang belum divaksinasi karena pada saat jadwal pelakaanaan vaksinasi serentak, saat itu dirinya sedang terpapar COVID-19. "Jika memang diperbolehkan untuk vaksinasi, saya juga siap," ujarnya.

Berdasarkan aturan terbaru yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, orang yang pernah terjangkit COVID-19 atau penyintas dapat divaksin jika sudah lebih dari tiga bulan.

Baca juga: Tingkat Keterisian Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Jabar Turun Drastis

Petunjuk Teknis (Juknis) baru tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk kelompok lanjut usia, komorbid, ibu menyusui dan penyintas COVID-19. Juknis itu tertuang dalam surat edaran Kementerian Kesehatan Nomo HK.02.02/11/368/2021.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)