PPKM, Pelaku Usaha Sebut Libur Imlek Masih Mending Dibandingkan Weekend Biasa

Minggu, 14 Februari 2021 - 05:41 WIB
loading...
PPKM, Pelaku Usaha Sebut Libur Imlek Masih Mending Dibandingkan Weekend Biasa
Pengunjung ke objek wisata Lembang Park and Zoo pada libur long weekend kali ini yang bertepatan dengan libur Imlek masih minim, walau jika dibandingkan kondisi weekend sebelumnya masih jauh lebih baik. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada libur akhir pekan kali ini masih terlihat sepi.

Namun jika dibandingkan dengan libur weekend sebelumnya dimasa PPKM tahap satu dan dua, kondisi sekarang masih lebih baik karena ada kenaikan kunjungan.

"Sekarang masih sepi juga sama, tapi kalau dibandingkan saaf weekend selama PPKM sebulan kemarin, ini masih agak bagus," kata Manager Operasional Objek Wisata Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto, Sabtu (13/2/2021).

Iwan menilai, pada saat hari H libur Imlek kemarin, angka kunjungan wisatawan mencapai sekitar 1.000 pengunjung. Memang itu belum mencapai 50% carrying capacity yang diperkenankan oleh pemerintah.

Namun, lanjut dia, angka itu jauh lebih baik saat weekend minggu lalu yang angkanya hanya dikisaran ratusan pengunjung. Kondisi itu bisa dimaklumi mengingat saat ini masih PPKM dan ada aturan pemerintah agar warga tidak pergi ke luar kota.

"Kita juga paham kalau angka kunjungan tidak akan maksimal karena masih PPKM dalam rangka menekan penyebaran COVID-19. Tapi dengan masih adanya hari libur (besok) diharapkan kunjungan masih tetap bisa tembus seribu," harapnya.

Pihaknya telah melakukan antisipasi ketika angka kunjungan kembali naik. Supaya protokol kesehatan tetap diterapkan dan tidak terjadi kerumunan warga di dalam kawasan wisata. Yakni dengan menyebar pengunjung supaya tidak fokus di satu wahana.

Baca juga: Penderita Leukimia Akut Butuh Perhatian, Hipmikimdo KBB Galang Bantuan

"Ada petugas yang memantau dan mengingatkan prokes. Sejauh ini masih terjaga dan pengunjung juga paham," ujarnya seraya menyebut pengunjung yang datang masih didominasi warga Bandung.

Senada, Head of Marketing Communications The Lodge Maribaya, Puji Fauziah Setia Rahayu, mengakui angka kunjungan wisatawan di saat libur long weekend kali ini masih belum sesuai harapan. Pengunjung masih sedikit dan masih di dominasi dari kawasan Bandung Raya.

Baca juga: Sepulang Jenguk Kerabat Sakit di Cirebon, Warga Tasiklamaya Ini Tersesat di Hutan Majalengka

"Kan masih PPKM, makanya angka kunjungan masih belum normal, masih minim walau ada long weekend juga," kata dia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)