Sterilisasi Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur Dipadat-Karyakan

Minggu, 17 Mei 2020 - 17:03 WIB
loading...
Sterilisasi Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur Dipadat-Karyakan
Perairan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, dipernuhi tanaman eceng gondok. Pengelola memanfaatkan pembersihan tanaman gulma ini dengan padat karya yang melibatkan warga sekitar saat pandemic COVID-19. SINDOnews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Perum Jasa Tirta II (PJT II) Jatiluhur , manfaatkan pembersihan eceng gondok (eichhornia crassipes) yang memenuhi perairan Waduk Jatiluhur melalui program padat karya. Program ini dinilai memilika dua manfaat bersamaan, di sisi lain perairan bersih dari tanaman gulma, warga lokal pun ikut terbantu dengan menjadi tim pembersih.

"Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di tengah wabah COVID-19 ini tetap mengutamakan aspek pembatasan fisik dan memperhatikan protokol kesehatan,"kata Sekretaris Perusahaan Jasa Tirta II Nandang Munandar, Minggu (17/5/2020). (Baca juga; Ini Langkah Bio Farma Percepat Penemuan Obat COVID-19 )

Menurut dia, melalui program padat karya tunai dengan gotong royong menjadi salah satu bentuk kepedulian perusahaannya terhadap warga lokal di tengah wabah virus Corona. Adanya imbauan pemerintah untuk menghentikan aktivitas di luar rumah membuat sebagian besar pekerja harian juga merasakan dampaknya karena pekerjaannya terhenti.

"Melalui gotong royong dengan program padat karya tunai ini masyarakat yang turut serta gotong royong memperoleh pengganti transport dan makanan harian,” terangnya.

Di bagian lain, General Manajer Wilayah IV Jasa Tirta II Anom Soal Herudjito, mengatakan, gotong-royong pembersihan sampah dan eceng gondok merupakan salah satu upaya perusahaan untuk menjaga kebersihan dan pengamanan Waduk dan PLTA Ir H Djuanda serta membantu pendapatan masyarakat.

"Waduk yang bersih akan memudahkan dalam pemantauan dan pengawasan serta tetap mendukung olahraga air termasuk yang di bawah pembinaan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), serta memaksimalkan dalam pengendalian banjir," ucap Anom.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)